Terbit: 23 January 2018 | Diperbarui: 8 June 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Jika kita cermati, warna urat nadi atau pembuluh darah yang dekat dengan kulit kita memiliki warna biru kehijauan. Padahal, yang mengalir di dalamnya adalah darah dengan warna yang merah. Sebenarnya, apa penyebab dari perbedaan warna yang cukup mencolok ini?

Ini Alasan Mengapa Urat Nadi Warnanya Terlihat Biru, Bukannya Merah

Photo Credit : Rimma

Pakar kesehatan David Irving yang berasal dari University of Technology Sydney, Australia, menyebutkan bahwa sebenarnya nadi kita memiliki warna merah. Hanya saja, darah memiliki sifat yang cukup unik, dimana hemoglobin, semacam protein yang membuat warna darah menjadi merah, mampu menyerap spektrum warna merah dari cahaya matahari atau lampu dengan maksimal. Sementara itu, spektrum warna biru kehijauan justru akan dipantulkan kembali sehingga jadilah warna ini yang akan kita lihat pada urat warna nadi kita.

Meskipun membuatnya memiliki warna yang berbeda, keberadaan urat nadi dengan warna biru kehijauan ini justru membantu para tenaga medis untuk mencari nadi jika sedang membutuhkan tindakan medis tertntu. Dengan hanya perlu menembakkan cahaya berwarna merah atau sinar infra merah pada kulit, maka nadi akan terlihat lebih gelap dari warna lainnya dan membuatnya akan mudah untuk ditemukan.

Yang menarik adalah, fungsi darah yang unik ini kini juga diterapkan pada cukup banyak toilet umum di negara maju dimana lampu yang dipakai di tempat-tempat tersebut justru berwarna biru. Tujuannya ternyata adalah agar para pengguna narkoba suntik kesulitan untuk mencari urat nadinya sehingga kesulitan untuk menggunakan benda terlarang tersebut.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi