Terbit: 3 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda menyadari jika setelah melakukan selfie atau swafoto, hidung Anda terlihat lebih besar dari yang Anda pikirkan sebelumnya? Ternyata hal ini dialami oleh hampir semua orang lho.

Ini Alasan Mengapa Hidung Terlihat Lebih Besar Saat Foto Selfie

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul JAMA Facial Plastic Surgery, disebutkan bahwa gara-gara merasa hidungnya menjadi lebih besar saat selfie, permintaan operasi hidung pun meningkat dengan signifikan. Tak disangka, penyebab dari hidung yang terlihat lebih besar ini adalah karena saat kita melakukan selfie, terjadi distorsi penampilan wajah, khususnya pada bagian hidung dengan signifikan.

Dr. Boris Paskhover yang berasal dari Rutgers New Jersey Medical School menyebutkan bahwa orang dewasa yang terbiasa melakukan selfie dan kemudian mengunggahnya ke media sosial menganggap foto-foto ini bisa mewakili penampilannya dan mempengaruhi kondisi emosionalnya. Hal ini berarti, mereka yang suka melakukan selfie sebenarnya mirip dengan kondisi seseorang yang suka melihat dirinya sendiri di cermin.

Rata-rata, kita melakukan selfie dengan cara menempatkan ponsel sekitar 12 inchi dari wajah. Cara mengambil foto ini ternyata bisa membuat dasar hidung terlihat lebih besar 30 persen dan ujung hidung terlihat lebih lebar 7 persen. Hal yang berbeda terjadi jika kita mengambil pas foto yang dipotret dari jarak yang lebih jauh dan menggambarkan wajah dengan lebih akurat.

Pada tahun 2014 lalu, setidaknya 93 miliar foto selfie diambil dengan memakai ponsel setiap hari. Sebagian dari foto-foto selfie tersebut kemudian diunggah ke media sosial.  Yang menarik adalah, gara-gara kebiasaan foto selfie ini pula, jumlah orang yang meminta bedah kosmetik seperti operasi hidung semakin meningkat. Alasan untuk melakukan bedah kosmetik ini tentu saja agar wajah terlihat lebih menawan saat melakukan selfie.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi