Terbit: 20 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ibu hamil harus benar-benar berhati-hati saat minum obat karena bisa jadi obat yang mereka konsumsi akan mempengaruhi kesehatan dan kondisi janin di dalam kandungan. Hanya saja, jika mereka sakit, mereka tentu harus minum obat, bukan? Berikut adalah beberapa obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dengan sembarangan.

Ibu Hamil Harus Berhati-Hati Saat Minum Obat Ini

Ibuprofen
Ibuprofen bisa mengataasi berbagai masalah nyeri seperti sakit kepala, nyeri otot, atau bahkan nyeri haid. Namun, jika ibu hamil mengkonsumsinya, maka janin di dalam kandungan beresiko mengalami kerusakan jantung dan paru-paru.

Naproxen
Jika ibu hamil mengkonsumsinya, maka dikhawatirkan aliran darah menuju janin akan menurun dengan signifikan.

Aspirin
Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (CDC) menyebut aspirin sebagai salah satu penyebab terganggunya aliran darah menuju uterus di dalam tubuh ibu hamil dan akhirnya mengganggu perkembangan janin.

Obat jerawat
Di dalam obat jerawat, terdapat kandungan accutane dan retinoid yang bisa memicu gangguan bawaan pada bayi saat lahir nantinya, khususnya pada kondisi fisik layaknya otak, gangguan jantung, hingga kecerdasannya.

Ribavirin
Obat yang bisa mengatasi hepatitis C ini dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil karena dianggap bisa membahayakan janin di dalam kandungan.

Antihistamin
Obat alergi ini tidak boleh sembarangan dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa memicu mual-mual, meningkatkan resiko bayi lahir premature, hingga kelahiran bayi dengan berat badan kurang atau mengalami gangguan pernafasan, gangguan perkembangan, dan infeksi.

Obat tidur
Meskipun ibu hamil bisa mengalami gangguan tidur, jangan sekali-kali mengkonsumsi obat tidur atau obat pereda migrain karena bisa membahayakan janin di dalam kandungan.

Beberapa jenis antibiotik
Beberapa jenis antibiotik ternyata bisa memicu masalah kesehatan pada liver ibu hamil dan akhirnya mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan.

Mengingat ada banyak sekali jenis obat yang bisa membahayakan kondisi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan, ibu hamil harus selalu berkonsultasi pada dokter jika ingin mendapatkan obat yang tepat saat jatuh sakit dan tidak sembarangan membeli obat di warung atau apotek.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi