Terbit: 27 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Salah satu kondisi kesehatan yang sangat merepotkan adalah muntah-muntah. Bagaimana tidak, tak hanya membuat makanan keluar dari perut, muntah-muntah juga bisa membuat badan menjadi lemas. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang khawatir untuk mengonsumsi makanan meski badannya sudah lemas karena takut akan muntah kembali.

Habis Muntah, Sebaiknya Makan Apa?

Menurut pakar kesehatan, ada baiknya memang kita tidak langsung makan setelah muntah. Dalam realitanya, perut kita masih terasa sangat tidak nyaman sehingga jika kita langsung makan, tentu risiko untuk muntah kembali akan meningkat. Gunakan waktu sekitar setengah jam atau sampai perut terasa nyaman kembali dan barulah kita mulai makan.

Setelah perut terasa nyaman, ada baiknya kita minum air putih terlebih dahulu. Dengan mengonsumsinya, maka kita bisa mengembalikan kondisi cairan tubuh yang sempat hilang akibat muntah-muntah. Selain air putih, kita juga direkomendasikan untuk mengonsumsi teh tawar, jus buah, sup kaldu, atau minuman isotonik.

Jika perut sudah terasa lapar akibat kosong setelah muntah-muntah, akan jauh lebih baik bagi kita untuk memilih makanan yang bertekstur lembut seperti pisang, bubur, kentang rebus, oatmeal, biskuit gandum, atau nasi tim. Sistem pencernaan tentu tidak akan kesulitan untuk mengolah makanan-makanan ini sehingga bisa membuat perut akan terasa lebih nyaman. Setelah beberapa jam, barulah kita mulai bisa mengonsumsi makanan seperti biasa.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari makanan pedas, produk susu, makanan berlemak dan gorengan, minuman berkafein, dan minuman beralkohol setelah muntah-muntah karena bisa membuat kondisi perut semakin tidak karuan sehingga risiko untuk mengalami muntah kembali pun meningkat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi