Terbit: 27 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Pernahkah Anda melihat atau menyadari bahwa seseorang akan bertambah berat badannya setelah menikah? Atau hal ini terjadi pada Anda? Ya, kebanyakan orang akan menjadi lebih gemuk setelah menikah. Bahkan, gemuk itu terjadi begitu cepat bila dibandingkan ketika masih lajang. Kira-kira apa yang menyebabkan terjadinya hal tersebut?

Kenapa Banyak Orang Menjadi Gemuk Setelah Menikah?

Tidak sedikit orang yang merasa penasaran dengan kejadian ini. Sebab, hampir semua yang sudah menikah akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis. Namun, rasa penasaran Anda selama ini akan terjawab. Sebab, hal itu telah dipecahkan oleh hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal Obesity, adapun penyebabnya sebagai berikut.

1. Rasa Bahagia

Perlu diketahui, kondisi mental seseorang akan berubah drastis ketika dia sudah menikah. Yang awalnya sendiri, cenderung lebih banyak pikiran karena tidak bisa membagi kepada orang lain. Beda halnya ketika seseorang sudah menikah, dia punya teman berbagi cerita. Selain itu, kebahagiaan yang dirasakan juga bisa memicu kenaikan hormon pada tubuh seseorang.

2. Prioritas Berubah

Selanjutnya, saat sudah berumah tangga, kebanyakan orang tidak lagi memprioritaskan penampilannya. Tapi ada hal yang lebih penting, bisa berupa ekonomi ataupun kelangsungan akan rumah tangga itu sendiri. Maka tak heran, seseorang yang sudah menikah menjadi jarang mengurusi bentuk tubuhnya lagi.

3. Tersedia Stok Makanan

Hal ini memang terkesan sepele, namun menurut hasil survei, ini adalah penyebab terjadinya kenaikan berat badan. Sebab, saat masih hidup sendiri kebanyakan orang enggan untuk stok makanan, mereka terbiasa untuk beli di luar ketika lapar. Beda halnya ketika sudah berkeluarga, pasti ada saja stok makanan di kulkas atau di dapur yang bisa disanpa kapan saja.

4. Makan Bersama

Ketika masih hidup sendiri, seseorang merasa malas makan karena harus masak terlebih dahulu ataupun ke luar rumah untuk membelinya. Namun, saat sudah menikah kebiasaan itu akan hilang. Sebab, kebanyakan orang yang sudah menikah akan makan bersama, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Hal inilah yang memicu terjadinya kenaikan berat badan tanpa pernah disadari.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi