Terbit: 29 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Apa reaksi pertama yang akan kita keluarkan tatkala mengonsumsi makanan dengan rasa masam atau kecut? Kita biasanya akan langsung mengeluarkan ekspresi wajah yang jelek dan aneh. Sebenarnya. Apa sih penyebab dari hal ini?

Saat Merasakan Makanan Kecut, Ekspresi Wajah Kok Jadi Jelek?

Pakar kesehatan menyebut rasa kecut atau masam memang bisa dikenali oleh lidah kita sebagai indera pengecap. Hanya saja, setiap orang memiliki reaksi yang berbeda pada rasa kecut ini. Ada yang bisa menahannya, namun ada yang tak bisa menahannya sehingga langsung menunjukkan ekspresi wajah yang jelek. Satu hal yang pasti, ekspresi wajah ini muncul sebagai respons yang tidak bisa dikendalikan tubuh kita.

Yang menarik adalah, bisa jadi respons wajah dalam mengeluarkan ekspresi jelek saat mengonsumsi makanan kecut ini adalah reaksi alami tubuh yang memperingatkan kita tentang adanya kemungkinan bahaya dari makanan tersebut. Hal ini sudah ada secara alami dalam tubuh manusia sejak zaman purba. Dengan mengenali rasa makanan yang dianggap tidak wajar atau tidak nyaman, maka tubuh langsung mengeluarkan insting untuk tidak mengonsumsinya. Sebagai contoh, buah yang belum masak atau susu yang sudah basi memiliki rasa yang masam sehingga tubuh kita akan mengeluarkan reaksi menolaknya.

Dikutip dari Science Nordic, sebuah penelitian dilakukan dengan melibatkan 21 partisipan yang diminta untuk mengecap rasa makanan yang berbeda-beda. Setiap rasa makanan memiliki 3 intensitas yang berbeda. Setelahnya, mereka juga diminta untuk minum air putih demi menetralisir rasa tersebut.

Hasil dari penelitian ini adalah, jika makanan yang dicoba oleh partisipan ini tidak mereka sukai, maka ekspresi wajah yang dikeluarkan cenderung jauh lebih jelek dibandingkan dengan makanan yang disukai atau dianggap biasa saja. Hal yang sama terjadi saat mereka diminta untuk merasakan makanan masam. Semakin masam makanan tersebut, semakin aneh pula ekspresi wajah yang dikeluarkan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak mengabaikan insting yang telah dikeluarkan oleh tubuh. Jika makanan yang kita rasakan sangat masam dan membuat kita mengeluarkan ekspresi wajah yang sangat aneh, ada baiknya kita tidak memaksakan diri untuk terus memakannya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi