Terbit: 6 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Susu masih dianggap sebagai minuman yang sangat penting bagi anak-anak karena dianggap mampu mendukung pertumbuhan dan kesehatannya dengan maksimal. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam susu seperti vitamin, kalsium, dan nutrisi lainnya yang sangat baik bagi kesehatan anak. Hanya saja, sekolah yang ada di kota San Fransisco, Amerika Serikat, justru melarang murid-muridnya untuk minum susu cokelat. Apa alasannya?

Di Sekolah Ini, Murid-Muridnya Dilarang Minum Susu Cokelat

Sebuah peraturan yang ditetapkan sejak tahun 2017 lalu membuat semua murid dari sekolah yang ada di San Fransisco dilarang minum susu cokelat. Semua anak yang berstatus murid sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas tanpa terkecuali harus mematuhi aturan tersebut. Alasan dari larangan ini adalah kandungan gula dan kalori di dalam susu cokelat yang dianggap terlalu tinggi bagi kebutuhan anak. Dengan tidak lagi meminumnya, diharapkan anak-anak ini mampu menurunkan asupan gula hingga 10 gram dan kalori sebanyak 35 kalori. Hal ini dianggap mampu memberikan pengaruh besar bagi kesehatan anak.

Makanan dan minuman yang manis memang sangat disukai oleh anak-anak. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan anak. Sebagai contoh, risiko untuk terkena penyakit obesitas, kerusakan hati, diabetes, atau kerusakan gigi rentan terjadi pada anak-anak yang suka mengonsumsinya.

Selain susu cokelat, para murid ini juga dilarang untuk mengonsumsi makanan yang kaya gula seperti biskuit, permen, atau minuman bersoda yang bisa dengan mudah didapatkan di mesin penjual otomatis di pinggir jalan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi