Terbit: 17 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di tahun politik ini, perdebatan mengenai calon pemimpin bangsa semakin menghangat di antara masyarakat. Bahkan, perdebatan ini cenderung berubah menjadi pertengkaran di media sosial. Malam nanti, acara debat capres yang disiarkan oleh sebagian saluran televisi pun diperkirakan akan membuat penonton menjadi tegang dan emosi. Masalahnya adalah, ketegangan ini juga bisa berimbas buruk bagi kesehatan.

Awas! Nonton Debat Capres Jangan Sampai Tegang dan Emosi

Tegang bisa berujung menjadi stres

Pakar kesehatan menyebut ketegangan bisa menyebabkan stres. Hal ini akan berimbas pada tubuh yang segera melepaskan hormon stres layaknya adrenalin dan kortisol. Hormon-hormon ini akan membuat jantung berdebar dengan lebih kencang, otot-otot menegang, peningkatan tekanan darah, dan membuat napas juga berlangsung dengan lebih cepat. Kondisi ini juga akan menguras energi ini dengan cepat.

Bahkan, jika kita terus mengalami kondisi ini saat menonton depat capres. Bisa jadi akan terjadi peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunnya kadar kolesterol baik (HDL). Dampaknya bisa dirasakan berupa sensasi tegang atau kaku pada leher bagian belakang dan sakit kepala.

Bagi mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit jantung atau pembuluh darah, dikhawatirkan menonton acara debat capres bisa jadi akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner atau penyakit jantung sehingga sebaiknya tidak sembarangan untuk menontonnya.

Mencegah stres saat debat capres

Mengingat debat capres juga bisa dijadikan acuan untuk memilih pemimpin Indonesia selama 5 tahun ke depan. Ada baiknya kita pandai-pandai mengendalikan stres dan emosi saat menontonnya. Jika memang tidak ingin terbawa ketegangan, kita bisa memantau di media sosial saja. Hanya saja, jangan memantau di akun-akun yang memang terbiasa “berkelahi” demi mendukung capres pilihannya. Pastikan untuk memantau akun yang cenderung lebih santai dan berpikir dengan lebih jernih.

Berikut adalah beberapa hal lain yang bisa dilakukan demi mengendalikan emosi saat debat capres.

  1. Ambil jeda dan jangan terus-menerus menontonnya

Meskipun acara debat berlangsung dengan seru, jangan terlalu memforsir diri saat menontonnya. Berikan jeda bagi pikiran dengan cara pergi ke toilet, mencari angin di luar rumah, membuat kopi, atau sekadar mengecek media sosial untuk melihat sesuatu yang lucu dan menarik. Hal ini akan sangat besar pengaruhnya dalam mencegah kecemasan dan stres.

  1. Waspadai kecemasan

Banyak orang yang sudah terlanjur menetapkan pilihan capres mengalami kecemasan saat menonton idolanya berdebat. Mereka khawatir idolanya melakukan kesalahan atau justru tidak mampu menjawab pertanyaan dari pesaingnya. Jika kita sampai mengalami kecemasan berlebihan hanya karena hal ini, sebaiknya matikan televisi saja dan tidak menontonnya. Selain itu, sebaiknya kita tidak memantau media sosial jika isinya juga tentang debat capres karena sama saja akan membuat rasa khawatir dan stres ini tetap tinggi.

  1. Lakukan kegiatan lain saja

Alih-alih menonton debat capres, banyak orang yang sengaja menghindarinya agar tidak mudah terkena stres. Kita juga bisa menghindarinya dengan bermain game, berolahraga, atau bercengkerama dengan teman-teman atau anggota keluarga saja.

  1. Mengobrol

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, alih-alih menghabiskan waktu menonton debat capres yang bisa membuat tegang atau stres, kita sebaiknya mengobrol hal-hal yang ringan dan menyenangkan bersama dengan teman atau keluarga. Bahkan, jika perlu, kita bisa pergi ke kedai kopi atau kafe yang tenang untuk melakukannya.

  1. Tenangkan pikiran setelah menontonnya

Jika kita memang sangat ingin menonton acara debat capres demi mengetahui visi-misi pasangan, kita bisa melakukan beberapa hal untuk menenangkan pikiran setelah menontonnya seperti dengan mandi air hangat, minum teh hangat, atau menonton film komedi yang menyegarkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi