Terbit: 23 September 2018 | Diperbarui: 6 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol dengan jumlah tertentu bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung atau memperpanjang umur. Sayangnya, dalam realitanya minuman beralkohol seringkali disalahgunakan sehingga memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh.

Dampak Alkohol Bagi Kolesterol Tubuh

Kandungan alkohol ternyata bisa menurunkan risiko terjadinya pengentalan darah dan peradangan di dalam tubuh. Bahkan, menurut penelitian ini, disebutkan bahwa asal dikonsumsi dengan jumlah yang moderat, maka alkohol bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang bisa membersihkan plak kolesterol yang menumpuk di pembuluh darah.

Dari berbagai minuman beralkohol yang bisa kita temui di pasaran, anggur merah ternyata dianggap sebagai minuman yang paling cocok untuk dikonsumsi jika ingin menurunkan risiko penyakit jantung. Di dalam anggur merah terdapat kandungan resveratrol dan polifenol yang tinggi. Selain itu, terdapat kandungan antioksidan poten yang mampu memberikan perlindungan bagi pembuluh darah, khususnya dari penumpukan plak.

Hanya saja, ada batasan yang jelas tentang konsumsi anggur merah tersebut, yakni maksimal hanya 280 ml saja per hari bagi kaum pria. Sementara itu, bagi kaum wanita, batasannya diturunkan hingga separuhnya saja. Jika konsumsi minuman beralkohol ini melebihi batasan tersebut, maka dampak yang akan muncul pada tubuh adalah peningkatan tekanan darah, berat badan, dan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, denyut jantung bisa menjadi tidak teratur, mengganggu dinding otot jantung, dan meningkatkan risiko gangguan fungsi jantung.

Mengonsumsi minuman beralkohol dengan berlebihan juga bisa meningkatkan risiko terkena sirosis hati yang mematikan. Karena alasan inilah ada baiknya memang kita menghindari minuman ini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi