Terbit: 28 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Siapa sih yang tidak suka dengan daging bakar? Dalam realitanya, makanan seperti sate ayam atau sate kambing masih menjadi primadona banyak orang karena rasanya yang lezat. Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum jika sering mengonsumsi daging bakar bisa menyebabkan efek buruk bagi kesehatan.

Daging Bakar Bisa Sebabkan Hipertensi

Biasanya, kita hanya mendengar tentang peningkatan risiko terkena kanker jika terlalu sering mengonsumsi daging bakar, namun menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini ternyata juga bisa meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi yang bisa memicu datangnya penyakit kardiovaskular.

Dr. Gang Liu dari Harvard T.H Chan School of Public Health menyebutkan bahwa menurut penelitian, dihasilkan fakta bahwa daging yang dibakar dalam suhu yang tinggi memang bisa menyebabkan kanker, namun risiko peningkatan tekanan darah setelah mengonsumsinya juga ikut naik.

“Beberapa penelitian menghasilkan fakta bahwa konsumsi daging merah dengan berlebihan, khususnya daging olahan dan daging bakar terkait dengan risiko hipertensi. Hal yang berbeda terjadi pada konsumsi daging ikan yang tidak menyebabkan efek yang serupa,” ucap dr. Liu.

Dalam penelitian yang dilakukan tim dari American Heart Association ini, ribuan pria dan wanita dilibatkan untuk diketahui kebiasaan mengonsumsi makanannya sehari-hari. Sebagai contoh, mereka diminta untuk mencantumkan kebiasaan mengonsumsi daging merah dan daging putih seperti daging ikan atau daging ayam setiap hari. Hasilnya adalah, partisipan yang mengalami peningkatan tekanan darah ternyata cenderung lebih sering mengonsumsi daging bakar, yakni lebih dari 15 kali dalam sebulan. Peningkatan tekanan darah ini mencapai 17 persen

“Kandungan kimia yang muncul setelah daging dibakar ternyata bisa menyebabkan oksidasi, peradangan, dan resistensi insulin,” jelas dr. Liu.

Selain karena proses pengolahan yang tidak tepat, seringkali kita menambahkan garam atau bumbu-bumbu lainnya ke dalam daging bakar dalam jumlah yang banyak. Padahal, sudah menjadi rahasis umum jika mengonsumsi sodium terlalu banyak bisa berimbas buruk bagi tekanan darah. Karena alasan inilah ada baiknya memang kita sebaiknya membatasi konsumsi daging merah, khususnya yang diolah dengan cara dibakar demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi