Terbit: 16 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa sih yang nyaman dengan toilet yang tidak bersih? Yang menjadi masalah adalah, banyak toilet umum yang berada dalam kondisi kotor karena dipakai terlalu banyak orang. Untungnya, pakar kesehatan berhasil menemukan cara memilih toilet yang cenderung lebih bersih untuk kita gunakan. Seperti apakah cara tersebut?

Cara Unik Memilih Toilet Umum yang Bersih

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Psychological Science yang terbit tahun 1995, disebutkan bahwa ada baiknya kita tidak memilih toilet umum yang berada di tengah. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan manusia dalam memilih berbagai hal, termasuk toilet, yang berada di posisi tengah. Kondisi ini disebut sebagai centrality preference.

Dalam penelitian yang dilakukan di sebuah toilet umum dengan empat bilik yang berada di pesisir pantai di negara bagian California selama 10 pekan ini, disebutkan bahwa 60 persen gulungan tisu toilet yang berada di toilet bagian tengah sudah habis. Sementara itu, toilet yang berada di dua sisi kiri dan kanan baru dipakai sekitar 40 persen saja. Hal ini berarti, toilet bagian tengah cenderung lebih banyak digunakan dibandingkan toilet yang berada di sisi pinggir.

Dengan memilih toilet yang berada di bagian pinggir, ada kemungkinan kita memakai toilet yang tidak dipakai oleh orang dengan jumlah sebanyak yang masuk ke toilet di sisi tengah sehingga kemungkinan untuk mendapatkan toilet yang lebih bersih pun meningkat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi