Terbit: 23 Februari 2022 | Diperbarui: 7 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Mereka yang memiliki anak balita atau hewan peliharaan pasti tidak asing lagi dengan masalah yang satu ini, bau pesing yang mengganggu. Jika tidak segera diatasi, aromanya bisa menyebar ke seluruh rumah. Dalam artikel ini akan dijelaskan cara menghilangkan bau pesing pada perabotan rumah seperti kasur, karpet, dan juga lantai.

Cara Menghilangkan Bau Pesing pada Kasur dan Lantai

Cara Menghilangkan Bau Pesing pada Kasur

Si Kecil masih mengompol? Jika ya, maka kasur adalah tempat yang paling sering menjadi korban. 

Berikut ini adalah cara menghilangkan bau pesing pada kasur agar tak lagi mengganggu penciuman:

  • Setelah si kecil mengompoli kasur, segera buka sprei, bed cover, dan sarung bantal dan langsung cuci.
  • Ambil cuka, baking soda, botol spray kosong, handuk dan penyedot debu.
  • Letakkan dan tekan handuk di bagian yang terkena ompol paling banyak hingga urine terserap. 
  • Jangan diperas, jika handuk sudah sangat basah, ganti dengan yang kering. Jangan menggosok-gosokkan handuk ke kasur, cukup ditekan saja.
  • Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1 dan masukkan ke dalam botol spray.
  • Semprotkan cairan cuka ke area yang terkena ompol.
  • Setelah itu, taburkan baking soda ke atas wilayah tersebut. Diamkan baking soda selama 6-8 jam untuk menyerap sebanyak mungkin sisa urine yang masih ada di kasur.
  • Sedot baking soda dengan penyedot debu hingga bersih lalu cek kembali. Jika masih terasa lembap atau bau pesing masih terasa, ulangi lagi menyemprotkan cuka dan menaburkan baking soda.

Cara ini akan menghilangkan bau pesing dan mencegah noda akibat urine. Gunakan baking soda dalam jumlah banyak agar dapat menyerap semua kelembapan di atas kasur.

Lalu bagaimana jika si Kecil mengompoli kasur namun tidak langsung dibersihkan? Di bawah ini adalah cara efektif membersihkan bau pesing pada kasur busa yang sudah mengering.

  • Siapkan bahan-bahan berikut: 8 ons hidrogen peroksida, 4 sendok makan baking soda, dan 4 sendok makan deterjen atau sabun cuci cair.
  • Campurkan semua bahan dan masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan pada area yang berbau pesing hingga kasur terasa lembap.
  • biarkan beberapa jam hingga kasur mengering. lapisan baking soda akan terlihat di atas permukaan yang sudah kering.
  • Bersihkan dengan penyedot debu dan periksa apakah masih ada bau atau noda yang tersisa. Jika masih ada, ulangi lagi prosesnya.

Hidrogen peroksida adalah cairan cair bening yang biasanya dijual di apotek atau toko kimia. Cairan ini berfungsi untuk menyerap bau. Sedangkan deterjen cair menghilangkan noda yang tersisa pada kasur busa.

Ketika hidrogen peroksida menguap, bau juga ikut menghilang. Baking soda lantas menyerap sisa cairan hingga kering sekaligus membersihkan sisa-sisa noda pada kasur.

Untuk menghilangkan bau pesing pada karpet, sofa, atau perabotan yang berlapis kain dan busa lainnya, caranya tidak berbeda. Campuran ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau dan noda pada matras. 

Namun, hati-hati untuk penggunaan pada sofa atau perabotan yang berwarna. Karena hidrogen peroksida dapat melunturkan warna pada kain.

Cara Menghilangkan Bau Pesing di Lantai

Selain kasur, sofa dan karpet, lantai adalah bagian rumah yang sering terkena urine. Biasanya dengan mengepel lantai menggunakan cairan karbol, bau pesing sudah hilang.

Tetapi jika urine tidak langsung dipel, baunya dapat lebih menyengat dan lengket. Berikut adalah cara menghilangkan bau pesing di lantai:

Pertama, memilih cairan pembersih lantai. Ada beberapa pilihan cairan pembersih lantai yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau pesing. 

  • Karbol. Karbol memiliki sifat desinfektan yang kuat sehingga mampu membunuh bakteri dan kuman yang dibawa urine. Masalahnya, aroma karbol terlalu menyengat dan tidak semua orang nyaman dengannya. Untuk itu dapat dipilih karbol yang memiliki wangi beragam. Misalnya wangi cemara atau jeruk.
  • Eco enzyme. Cairan ini adalah hasil fermentasi sisa buah-buahan yang dapat dijadikan cairan pembersih lantai, pembersih kamar mandi, bahkan pupuk tanaman. Eco enzyme yang bagus aromanya manis segar dengan warna bening hingga kecokelatan.
  • Cairan pel. Ada banyak jenis keharuman dan merek cairan pel di pasaran. Namun tidak semuanya dapat membunuh kuman secara tuntas. 

Kedua, cara membersihkan bau pesing. Urine biasanya berjumlah banyak dan mengalir kemana-mana di lantai. membersihkannya tidak cukup hanya dengan mengusapkan pel basah ke lantai karena baunya masih akan tertinggal. 

Disarankan untuk membersihkannya dengan cara menghilangkan bau pesing di lantai berikut:

  • Campurkan cairan pel/karbol/eco enzyme ke dalam air dengan perbandingan 1:4. Lalu aduk hingga rata
  • Bersihkan urine dengan cara menyiramnya menggunakan campuran tadi hingga bersih.
  • Keringkan lantai dengan pel hingga tidak ada residu urin yang tertinggal.

Cara lainnya untuk menghilangkan bau pesing di lantai adalah:

  • Keringkan urine dengan lap.
  • Campurkan cairan pel/karbol/eco enzyme dengan air dengan perbandingan 1:1. tuangkan sedikit cairan ke bekas urine hingga lantai agak becek.
  • Pel dengan lap lembap hingga tidak tersisa residu urin maupun cairan pel. Pastikan semua terangkat sempurna agar lantai tidak licin
  • Jika tidak memungkinkan untuk menyiram lantai, maka mengelapnya dengan pel basah juga dapat dilakukan. Namun, prosesnya harus berkali-kali hingga aroma pesing benar-benar hilang dari lantai.

Demikian cara menghilangkan bau pesing, baik di kasur maupun di lantai. Pesing yang baru terjadi jauh lebih mudah dihilangkan daripada yang sudah terjadi beberapa lama.

 

  1. Anoni,. 2021. Removing Urine Odors From Floors. https://www.cleanlink.com/cp/article/Removing-Urine-Odors-From-Floors–14122. (Diakses pada 21 Februari 2022).
  2. Meadows, Austin. 2021. How to Get Urine Smell and Stains Out of a Mattress. https://www.sleepfoundation.org/mattress-information/how-to-get-urine-smell-and-stains-out-of-a-mattress. (Diakses pada 21 Februari 2022).
  3. Scallan, Tena. 2021. Top 10 Ways to Get the Smell Of Urine Out of the House. https://www.northshorecare.com/blog/tips-to-clean-urine-in-house. (Diakses pada 21 Februari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi