Terbit: 12 July 2022 | Diperbarui: 14 July 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Kelopak mata atas ikut berperan dalam melindungi mata dari kekeringan atau benda asing. Sayangnya, fungsinya dapat terganggu jika kelopak mata mengendur. Kenali penyebab dan cara mengencangkan kelopak mata atas dalam ulasan berikut!

9 Cara Mengencangkan Kelopak Mata Atas

Penyebab Kelopak Mata Atas Kendur

Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit akan berkurang. Salah satu dampak yang dapat terlihat yaitu kulit di kelopak mata atas tampak menurun alias mengendur.

Penyebab kondisi ini bukan hanya akibat penuaan. Faktanya, ada sejumlah faktor lain yang bisa memicunya, di antaranya:

  • Cedera pada otot atau ligamen kelopak mata.
  • Penggunaan lensa kontak yang tidak tepat.
  • Kebiasaan mengucek mata secara berlebihan.
  • Efek suntik Botox.
  • Komplikasi dari operasi mata.
  • Masalah pada saraf yang berperan dalam mengatur kelopak mata.

Selain itu, ada beberapa masalah medis yang dapat memicu kelopak mata atas mengendur dan turun, di antaranya:

  • Glaukoma.
  • Diabetes.
  • Penyakit autoimun.
  • Stroke.
  • Masalah saraf.
  • Sindrom Horner.
  • Tumor.

Baca JugaCara Efektif Menghilangkan Kotoran di Mata

Sejumlah Cara Mengencangkan Kelopak Mata Atas

Berikut ini beberapa cara mengencangkan kelopak mata atas yang kendur, dari mulai yang alami hingga prosedur medis:

1. Yoga Mata Trakata

Yoga ini tidak secara langsung bertujuan untuk mengencangkan kelopak mata bagian atas. Namun, yoga mata trakata dipercaya mampu meningkatkan penglihatan sekaligus menunjang kesehatan mata secara keseluruhan.

Gerakan kelopak mata berhubungan dengan kelopak mata. Oleh karena itu, melakukan yoga ini dapat menjadi salah satu cara mengencangkan kelopak mata atas.

2. Latihan Resistensi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kelopak mata atas adalah latihan resistensi. Menurut National Stroke Association, gerakan kelopak mata setiap jam dapat berisiko menyebabkan kelopak mata mengendur.

Oleh karena itu, latihan resistensi dapat membantu melatih otot kelopak mata Anda sehingga mencegah kelopak mata kendur.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal meletakkan jari tangan di bawah kelopak mata, lalu menahannya selama beberapa detik sambil berusaha menutupnya.

Latihan ini serupa dengan resistensi pada olahraga angkat beban.

3. Stimulasi Otot Dasar

Latihan sederhana ini bisa Anda lakukan dengan memijat perlahan bagian kelopak mata. Stimulasi secara langsung ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah sekaligus mengurangi kelopak mata atas kendur (ptosis).

Meskipun belum ada studi ilmiah yang menemukan cara ini dapat mengencangkan kelopak mata atas yang kendur, stimulasi langsung dapat memperkuat otot-otot mata.

4. Latihan Menutup Mata

Salah satu cara untuk mengencangkan kelopak mata atas yang turun sebelah bisa dilakukan dengan latihan menutup mata. Anda bisa memberikan stimulasi sebanyak mungkin pada mata yang terdampak.

Gunakan penutup mata pada sebelah mata yang normal. Dengan begitu, bagian mata dengan kelopak mata yang turun akan terstimulasi dan terbiasa digunakan.

Kendati demikian, jika Anda mengalami gejala penurunan kelopak mata sebelah tanpa adanya gejala, jangan tunda untuk memeriksakan kondisi ke dokter. Pasalnya, ini dapat menjadi tanda stroke.

5. Kantong Teh

Cara alami untuk mengencangkan kelopak mata atas adalah dengan menggunakan kantong teh chamomile. Tindakan ini dapat membantu memperbaiki lapisan air mata atau lapisan yang membantu menjaga kelembapan mata.

Selain itu, menurut dokter mata dan ahli bedah okuplastik Julian Perry, MD., kantong teh chamomile bermanfaat untuk menangani peradangan pada kelopak mata yang memengaruhi bulu mata dan produksi air mata (blepharitis).

Cara menggunakan kantong teh chamomile cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Rendam kantong teh ke dalam air panas.
  • Dinginkan di lemari es selama 15-30 menit.
  • Letakkan kantong teh di atas kelopak mata selama 30 menit.
  • Lepaskan kantong teh yang melekat pada kantong mata, lalu biarkan mata tertutup selama 25 menit.

Meski memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan area mata, penggunaan kantong teh chamomile tidak dapat digunakan untuk mengatasi masalah lingkar hitam pada mata.

6. Injeksi dan Filler

Perawatan mata kendur tanpa prosedur operasi dapat Anda lakukan dengan injeksi dan filler. Penggunaan bahan untuk injeksi dengan asam hialuronat dan filler dengan menggunakan produk yang mengandung botulinum (Botox atau Dysport) dapat membantu membuat penampilan tampak lebih muda.

Cara mengencangkan kelopak mata atas dengan tindakan injeksi dan filler juga akan menghaluskan kerutan di sekitar mata sehingga keluhan kelopak mata yang kendur dapat teratasi.

Namun, sebelum melakukan tindakan ini, konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya sehingga risiko efek samping dapat berkurang.

Penting Anda ketahui, filler dapat menyebabkan kebiruan pada area berongga di kelopak mata dan mengakibatkan lingkar hitam di sekitar mata.

Selain itu, perawatan ini bersifat sementara sehingga Anda harus melakukan filler secara berkala. Hal ini berisiko terhadap penumpukan cairan di kelopak mata.

Pada kasus yang lebih parah, filler bahkan dapat menyebabkan kebutaan permanen jika cairan masuk ke pembuluh darah di belakang mata, meskipun risikonya sangat kecil.

7. Operasi Kelopak Mata

Cara mengencangkan kelopak mata bagian atas melalui prosedur operasi dapat dilakukan melalui blepharoplasty. Prosedur operasi ini dapat membantu menghilangkan kelebihan kulit dan lemak, sekaligus memposisi lemak tersebut. Tindakan ini juga dapat mengencangkan kulit.

Operasi kelopak mata dapat membantu mengatasi kulit berlebih di area mata dan mengangkat sedikit area di kelopak mata bawah.

Sayangnya, prosedur ini hanya mengatasi sebagian masalah, jadi tidak akan benar-benar menghilangkan masalah kelemahan pada kantong mata.

Baca JugaBukan Hanya Lentik, Ini Fungsi Penting Bulu Mata Anda!

8. Fat Removal

Fat removal termasuk salah satu prosedur perawatan bedah untuk mengencangkan kelopak mata atas. Prosedur ini dapat membantu menghilangkan lemak sehingga mampu menangani masalah mata yang tampak lelah.

Sayangnya, sama seperti prosedur medis lain, fat removal juga memiliki sisi negatif. Jadi, bukannya memberikan efek meremajakan, penghilangan lemak juga justru bisa menimbulkan efek penuaan.

9. Fat Repositioning

Prosedur lain yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengencangkan kelopak mata atas adalah fat repositioning. Tindakan ini dapat membantu mengatasi masalah kantong mata.

Prosedur ini memungkinkan seorang ahli bedah okuplastik untuk memosisikan ulang lemak, bukan malah membuangnya seperti pada prosedur fat removal.

Faktanya, fat repositioning dapat menanganani masalah lingkaran hitam pada mata dan cekungan lebih baik ketimbang filler yang menggunakan bahan asam hialuronat.

Namun, tindakan ini juga berisiko mengakibatkan benjolan yang dapat sembuh cukup lama.

Itulah beberapa cara mengencangkan kelopak mata atas yang kendur. Jika cara alami belum bisa mengatasi masalah penurunan kelopak mata, Anda bisa mulai mempertimbangkan tindakan medis. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahlinya dan dilakukan di tempat terpercaya, ya!

 

  1. Anonim. 2022. How To Fix Droopy Eyelids, Circles and Sags. https://health.clevelandclinic.org/the-best-options-for-droopy-eyelids-circles-and-sags/. (Diakses pada 12 Juli 2022).
  2. Anonim. 3 Tips to Improve Baggy Eyelids Without Surgery. https://poppcosmeticsurgery.com/blog/3-tips-to-improve-baggy-eyelids-without-surgery/. (Diakses pada 12 Juli 2022).
  3. Leavitt, Jennifer. 2018. Exercises to Strengthen Drooping Eyelid Muscles. https://www.healthline.com/health/droopy-eyelid-exercises. (Diakses pada 12 Juli 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi