Terbit: 1 November 2021 | Diperbarui: 10 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Bulu mata lentik identik dengan kecantikan wanita, namun sebenarnya tidak hanya itu. Yuk, pahami fungsi bulu mata untuk melindungi bola mata dan cara menjaga kesehatan bulu mata di sini!

Bukan Hanya Lentik, Ini Fungsi Penting Bulu Mata Anda!

Fungsi Bulu Mata yang Paling Utama

Mata adalah organ yang sangat penting bagi manusia. Sayangnya karena sering terpapar secara langsung oleh lingkungan, mata kerap dimasuki oleh debu hingga sinar matahari berbahaya. Untungnya, mata terlindungi oleh kelopak dan bulu mata.

Bulu mata memang memiliki nilai estetika yang tinggi, yaitu membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik. Namun deretan bulu-bulu kecil di ujung kelopak mata ini punya banyak manfaat kesehatan yang sangat penting, lho.

Berikut ini adalah fungsi utama bulu mata:

1. Menjaga mata tetap lembap

Mata harus dijaga kelembapannya agar mampu melawan bakteri dan kotoran yang masuk. Salah satu manfaat dari bulu mata adalah menjaga mata tetap lembap dengan cara memberi pelumas pada mata.

Bulu mata juga mampu meminimalkan jumlah udara yang masuk ke mata untuk mencegah tingginya penguapan dan berakibat pada kondisi mata kering.

2. Melindungi mata dari benda asing

Mata adalah bagian tubuh yang sangat sensitif dan mudah mendeteksi elemen asing yang mendekat, sehingga sebagai refleks untuk mencegah benda asing tersebut mata akan berkedip.

Bulu mata berfungsi melindungi mata dari serangan benda asing seperti keringat, debu kecil, dan air mata agar tidak sampai masuk ke mata dan menimbulkan iritasi. Saat mata dalam kondisi terpejam, bulu mata bekerja melindungi kornea mata.

3. Mengindikasikan gangguan kesehatan

Fungsi bulu mata lainnya adalah untuk mengindikasikan gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Menurut American Academy of Ophthalmology, rontoknya bulu mata yang terlalu banyak dan sering dapat mengindikasikan gangguan kesehatan seperti kanker kulit, alopecia (penyakit autoimun yang menyerang folikel rambut), dan gangguan kelenjar tiroid.

4. Mencegah kelopak mata agar tidak menempel

Tahukah Anda jika kondisi mata sangat kering, kedua kelopak mata bisa saling menempel? Kelopak mata bisa membuka dan menutup dengan lancar karena adanya pelumas yang dihasilkan oleh kelenjar meibom.

Kelenjar meibom terletak pada ujung folikel bulu mata, menghasilkan pelumas atau cairan yang bisa mencegah kedua kelopak mata agar tidak saling menempel.

5. Meminimalkan paparan sinar matahari

Sinar matahari tidak hanya berdampak buruk pada kulit, tetapi juga kesehatan mata. Paparan sinar matahari secara langsung ketika berada di luar ruangan bisa sangat menyilaukan, dan hal ini tidak baik untuk kesehatan mata. Bulu mata berperan meminimalkan paparan sinar matahari agar tidak masuk ke dalam mata dan menyebabkan gangguan kesehatan mata.

6. Mempertahankan keseimbangan mata

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Optometry, bulu mata adalah bagian penting dari kelopak mata. Bersama dengan kelenjar meibom dan kulit kelopak mata, bulu mata bertugas mempertahankan keseimbangan permukaan mata.

Folikel kedua ujung bulu mata dihubungkan oleh kelenjar zeis dan kelenjar mol, yaitu dua kelenjar yang menghasilkan pelumas untuk mata yang bersifat antibakteri.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Mata Anda Rusak

Berbagai Gangguan Kesehatan pada Bulu Mata

Meski bulu mata ukurannya sangat kecil dibandingkan bagian tubuh lainnya, perannya sangat penting dalam melindungi mata lho. Namun bulu mata juga rentan mengalami gangguan, seperti:

  • Trichiasis. Gangguan bulu mata tumbuh ke dalam
  • Trichomegaly. Panjang bulu mata lebih dari 12 mm sehingga harus dipotong agar tidak mengganggu penglihatan.
  • Madarosis. Kehilangan alis atau bulu mata karena kelainan bawaan.
  • Blefaritis. Peradangan pada kelopak mata yang disebabkan infeksi bakteri.
  • Trauma folikel. Muncul karena kebiasaan mencabut bulufungsi bulu mata mata, sehingga bulu mata sulit tumbuh.
  • Distiachis. Bulu mata tumbuh dua baris.

Baca Juga: Tak Perlu Extension, Coba 10 Cara Melentikkan Bulu Mata dengan Cepat dan Alami Ini!

Cara Merawat Bulu Mata agar Tetap Sehat

Menurut ahli kesehatan, sebenarnya tidak ada cara khusus untuk menjaga kesehatan bulu mata. Namun agar tidak terjadi gangguan kesehatan yang serius, kebersihan bulu mata harus dijaga dengan baik. Berikut ini cara sederhana yang bisa dilakukan:

  • Rajin membersihkan area mata, terutama jika sering menggunakan riasan.
  • Jangan mengucek mata saat terasa gatal.
  • Makanan makanan bergizi agar bulu mata bisa tumbuh subur.

Ada juga beberapa tips penting yang harus diperhatikan buat kaum wanita yang sering menggunakan riasan mata. Misalnya seperti mengganti aplikator maskara setiap 2 atau 3 bulan sekali serta memastikan bulu mata sudah bersih dari maskara sebelum tidur.

Maskara yang tidak terhapus dengan sempurna bisa menyumbat kelenjar atau folikel rambut bulu mata, sehingga bisa menyebabkan infeksi dan gangguan kesehatan mata.

Fungsi bulu mata sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mata. Oleh karena itu, mulai sekarang jaga kebersihan bulu mata agar tidak mata tetap bersih dan sehat.

 

  1. Metro Eye. 2020. EYELASHES – WHEN FASHION INHIBITS FUNCTION. https://metroeye.biz/eyelashes-when-fashion-inhibits-function/. (Diakses pada 31 Oktober 2021)
  2. Perry, Arthur W. 2020. What is the function of eyelashes? https://www.sharecare.com/health/eye-vision-health/what-function-eyelashes. (Diakses pada 31 Oktober 2021)
  3. Vision Source. 2018. The Purpose Of Eyebrows And Eyelashes. https://visionsource.com/blog/the-purpose-of-eyebrows-and-eyelashes/. (Diakses pada 31 Oktober 2021)
  4. Wythe Eye Association. 2020. How Eyelashes and Eyebrows Protect Your Eyes. https://www.wytheeyeassociates.com/how-eyelashes-and-eyebrows-protect-your-eyes/. (Diakses pada 31 Oktober 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi