Terbit: 17 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat kita makan di luar rumah, tepatnya di warung yang menjajakan makanan yang lebih nikmat jika dikonsumsi dengan tangan seperti pecel lele, biasanya kita diberi wadah kecil berisi air yang bisa kita gunakan untuk mencuci tangan. Wadah berisi air ini bisa kita tambahkan daun kemangi atau jeruk nipis. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita mencuci tangan dengan bahan-bahan alami tersebut?

Bolehkah Mencuci Tangan Dengan Daun Kemangi atau Jeruk Nipis?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dari Universitas Negeri Yogyakarta, disebutkan bahwa di dalam daun kemangi atau Ocimum sanctum L terdapat senyawa antibakteri seperti saponin, flavonoida, dan tannin yang bisa membunuh berbagai bakteri dan kuman. Selain itu, bau atau kandungan minyak yang berasal dari makanan yang kita konsumsi juga bisa hilang sehingga setelah makan, tangan kita tidak berbau atau terasa tidak nyaman.

Abdul Aji, salah seorang mahasiswa yang melakukan penelitian ini juga menyebutkan bahwa selain daun kemangi, kandungan di dalam lidah buaya atau Aloe vera juga memiliki senyawa anti bakteri, lignin, dan saponin yang berarti bahan alami ini juga bisa digunakan sebagai bahan pencuci tangan.

Bahan lain yang dipakai sebagai pencuci tangan adalah jeruk nipis. Tak hanya di warung-warung pecel lele, banyak restoran makanan Padang yang menyediakan bahan alami ini untuk mencuci tangan baik sesudah makan. Menurut pakar kesehatan, kandungan di dalam jeruk nipis ternyata cukup efektif menghilangkan sisa makanan, termasuk kandungan minyak yang menempel pada tangan. Selain itu, aroma makanan yang menyengat, termasuk aroma sambal terasi yang biasanya sulit dihilangkan juga bisa diatasi dengan mencuci tangan di dalam wadah air yang diberi jeruk nipis.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi