Terbit: 19 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kadangkala kita sering bangun saat tidur di malam hari. Hal ini tentu akan membuat kita tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Sebenarnya, apa saja penyebab dari seringnya kita bangun tidur ini?

Berbagai Penyebab Sering Bangun Saat Tidur Malam

Dikutip dari Men’s Health, pakar kesehatan Jose Colon, M.D, dari Paradise Sleep menyebutkan bahwa kerap bangun saat malam hari sebenarnya normal terjadi. Bahkan, meskipun kita terbangun hingga 4-6 kali, hal ini masih dianggap normal. Sejak zaman purba, hal ini terjadi sebagai cara tubuh untuk mewaspadai ancaman di lingkungan sekitar.

Berikut adalah beberapa penyebab dari sering bangun tidur di malam hari.

  1. Kepanasan

National Sleep Foundation menyebut suhu udara yang terlalu panas bisa membuat kita kesulitan untuk terlelap. Marc Leavey, M.D, dari Mercy Medical Center, Baltimore, menyebutkan bahwa suhu ruangan, pakaian yang dikenakan, hingga kondisi sprei dan selimut sangat berpengaruh pada kualitas istirahat kita.

Leavey menyebut suhu ideal untuk tidur adalah diantara 15-18 derajat Celcius. Selain itu, pastikan agar badan berada dalam kondisi nyaman dan bersih sebelum tidur.

  1. Bermain ponsel hingga larut malam

Kebiasaan yang masih dilakukan oleh sebagian besar orang ini ternyata bisa membuat kita kerap bangun. Hal ini disebabkan oleh kacaunya hormon melatonin yang memengaruhi kualitas tidur. Penyebab dari kacaunya hormon ini adalah paparan layar biru dari ponsel kita. Karena alasan inilah pastikan untuk tidak menggunakan ponsel 1-2 jam sebelum tidur.

  1. Alkohol

Siapa bilang alkohol bisa membuat tidur nyenyak? Leavey menyebutkan bahwa tubuh akan memetabolisme alkohol yang kita minum dan akhirnya mengganggu fase rapid eye movement (REM), fase paling utama bagi kualitas tidur kita. Hal ini membuat kita akan lebih mudah terbangun di malam hari.

  1. Stress

Stress yang disebabkan oleh pekerjaan atau masalah-masalah lainnya bisa membuat tubu sulit untuk rileks. Hal ini ternyata bisa membuat kita terus-menerus terbangun saat tidur malam. Untuk mengatasinya, ada baiknya kita melakukan yoga, meditasi, atau bahkan latihan pernafasan demi mengatasi stress tersebut.

Sobat Sehat sering terbangun saat tidur malam tidak?


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi