Terbit: 15 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Haid adalah sebuah siklus bulanan wanita yang ditandai dengan keluarnya darah dari rahim dalam periode waktu tertentu. Normalnya, haid bisa berlangsung antara 4-9 hari. Namun, ada juga yang lebih dari itu tergantung jumlah darah yang dikeluarkan serta kondisi tubuh seseorang.

Berat Badan Naik Saat Haid? Jangan Cemas, Coba Lakukan Ini

Umumnya, saat haid seorang wanita menjadi lebih sensitif. Tidak hanya masalah emosional, sensitifnya juga bisa menjalar ke indera, salah satunya indera penciuman. Tapi tidak berhenti di situ, pada kasus lain, sebagian wanita justru merasa berat badannya bertambah saat sedang haid. Lantas, akan menurun dengan sendirinya saat haid telah usai.

Apakah yang menyebabkan hal tersebut?

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh NYU Langone Medical Center, berat badan wanita akan bertambah beberapa hari sebelum menstruasi dan akan kembali normal dengan sendirinya. Hal yang mendasari lonjakan berat badan itu karena hormon progesteron sedang menurun. Selain itu, saat sedang haid, wanita akan menumpuk banyak tambahan cairan di dalam tubuhnya sehingga badan terlihat sedikit membengkak.

Diingatkan pula jika sedang haid, ada baiknya menahan nafsu makan yang sedang tinggi. Dikutip dari laman Dailymail, otak wanita akan mendapat rangsangan untuk makan lebih banyak daripada biasanya. Maka, tak heran jika wanita sedang haid menjadi lebih banyak makan dengan sangat lahap. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu faktor penyebab naiknya berat badan.

Untuk mengatasinya, para wanita disarankan untuk memilih makanan yang tepat sebagai pelampiasan. Misalnya, buah-buahan yang kaya serta seperti melon, semangka, pisang, atau apel yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Jika sudah memasuki jam malam, maka nafsu makan tersebut akan semakin besar. Ada baiknya Anda mengganti dengan minum air putih saja atau buah secukupnya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi