Terbit: 24 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang banyak menyerang masyarakat Indonesia adalah ambeien atau wasir. Penyakit ini kerap terjadi pada ibu hamil serta mereka yang mengalami masalah sembelit atau diare parah. Ada banyak sekali penyebab dari masalah kesehatan ini, yakni duduk terlalu lama, mengejan terlalu keras saat buang air besar, atau karena faktor keturunan.

Benarkah Operasi Adalah Satu-Satunya Solusi Untuk Mengatasi Ambeien?

Ambeien disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah vena di di bagian bawah anus. Pembengkakan ini membuat daging keluar dengan ukuran yang bervariasi. Ada yang ukurannya masih kecil seperti biji kopi atau yang bahkan sudah cukup besar hingga bisa memicu kesulitan buang air besar. Masalah kesehatan ini juga bisa memicu pendarahan saat buang air besar. Ambeien sendiri bisa dibagi menjadi dua, yakni internal dan eksternal. Ambeien internal terjadi di dalam anus dan tidak membuatnya muncul ke luar. Ambeien ini tidak akan memicu rasa sakit tapi bisa menyebabkan pendarahan. Untuk ambeien eksternal, ambeien ini bisa memicu rasa gatal, nyeri, kesulitan untuk duduk, dan memicu pendarahan karena robek.

Apakah operasi adalah satu-satunya solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi ambeien? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa operasi ternyata adalah solusi jika cara lain untuk mengatasi ambeien sudah tidak berhasil. Biasanya, jika ambeien belum terlalu parah, maka dokter akan memberikan krim atau salep yang diharapkan bisa mengatasi pembengkakan yang muncul sesekali. Selain itu, beberapa obat minum juga bisa dikonsumsi demi mengatasi nyeri saat ambeien membengkak.

Beberapa jenis pengobatan lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi ambeien adalah ligasi pita karet, skleroterapi, mengompres ambeien dengan air dingin, atau sitz bath memakai air hangat. Untuk menentukan cara pengobatan apa yang paling tepat bagi ambeien yang diderita, ada baiknya kita memeriksakan kondisinya ke dokter.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi