Terbit: 22 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Salah satu jenis minyak yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia adalah minyak kelapa. Tak hanya dikonsumsi, minyak kelapa juga disebut-sebut bisa membuat kulit menjadi semakin sehat dan cantik. Sayangnya ada anggapan yang menyebutkan bahwa minyak kelapa memiliki kandungan beracun. Apakah hal ini benar adanya?

Benarkah Minyak Kelapa Beracun?

Dilansir dari Daily Mail, sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard T.H Chan School of Public Health menghasilkan fakta bahwa anggapan ini ternyata benar adanya. Menurut para peneliti, minyak kelapa ternyata mengandung racun dan termasuk dalam bahan makanan yang paling tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Menurut dr. Karin Michels dari Freiburg University, minyak kelapa memang sebaiknya tidak sering kita konsumsi karena bisa membahayakan kesehatan.

American Heart Association menyebutkan bahwa minyak kelapa bisa memperburuk kesehatan pembuluh darah arteri. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam lemak rantai menengah yang bisa memengaruhi kadar trigliserida dalam tubuh. Dr. Michaels bahkan menyebut minyak ini jauh lebih buruk jika dibandingkan dengan lemak babi.

Dalam sebuah survei yang dilakukan pada 2016 lalu, dihasilkan fakta bahwa 70 persen masyarakat cenderung menganggap minyak kelapa sebagai minyak yang jauh lebih aman bagi kesehatan, sayangnya, menurut para peneliti, anggapan ini sangatlah keliru.

Dr. Michaels pun menyarankan siapa saja untuk mulai menurunkan frekuensi penggunaan minyak kelapa dan menggantinya dengan minyak lainnya seperti minyak sayur atau minyak zaitun yang lebih aman.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi