Terbit: 6 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang merasa kurang yakin dengan kualitas air minum botolan yang mereka beli sehingga memilih untuk merebusnya kembali. Selain itu, ada pula orang yang memilih untuk merebus kembali air yang sudah layak minum tersebut karena ingin mendapatkan air panas yang bisa dipakai untuk membuat kopi atau teh. Sayangnya, ada pendapat yang menyebutkan bahwa merebus kembali air matang bisa berbahaya bagi kesehatan. Apakah pendapat ini benar adanya?

Benarkah Kita Dilarang Untuk Merebus Kembali Air yang Sudah Matang?

Menurut Agus Haryono, Kepala Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mitos tentang merebus air matang ini bisa membahayakan kesehatan memang sudah menyebar secara luas dan dipercaya oleh sebagian masyarakat. Memang, proses pemanasan bisa memicu terjadinya reaksi kimia karena adanya tumbukan antar zat di dalam satu media. Hanya saja, khusus untuk air putih, tidak ada zat lain yang akan bereaksi dengan air yang kita rebus ini. Padahal, di dalam air putih tidak ada kandungan kimia yang membahayakan kesehatan. Logikanya, jika tidak ada kandungan kimia selain yang membentuk air putih, tidak akan muncul zat baru yang membahayakan meskipun kita memanaskan air tersebut hingga beberapa kali.

Di dalam mitos tentang bahaya memanaskan air matang, disebutkan bahwa akan muncul zat kimia seperti fluoride, nitrat, atau bahkan arsenik. Untuk kabar ini, Agus menyebutkan bahwa seharusnya bahan-bahan kimia tersebut tidak akan muncul dari air matang yang kita masak kembali kecuali memang sebelumnya air tersebut sudah ditambahi zat tersebut.

Melihat adanya fakta ini, mitos yang menyebutkan bahwa merebus kembali air yang sudah matang bisa membahayakan kesehatan sepertinya hanyalah hoaks yang tidak perlu lagi kita percayai.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi