Terbit: 2 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang berpikir jika rokok hanya akan menyebabkan gangguan kesehatan pada paru-paru atau organ pernafasan lainnya. Padahal, dalam realitanya, rokok bisa memengaruhi semua bagian tubuh, termasuk otak. Berikut adalah cara rokok bisa merusak kesehatan otak kita dengan signifikan.

Begini Cara Rokok Merusak Otak Kita

Saat nikotin yang ada dalam asap rokok ini mulai memasuki tubuh dan masuk ke daerah otak, maka bagian otak yang bisa menghasilkan sensasi bahagia akan mulai aktif. Karena alasan inilah banyak orang yang kecanduan rokok karena merasa rokok bisa membuat mereka lebih bahagia dan tenang. Selain itu, jika konsumsi rokok dikurangi, maka para perokok ini cenderung lebih gelisah, cemas, dan mudah marah.

Yang tidak disangka adalah, hobi merokok ternyata bisa membuat otak semakin menyusut dan melemah sehingga risiko untuk terkena penyakit demensia, insomnia, sleep apnea, serta alzheimer meningkat dengan signifikan. Bahkan, telah ada penelitian yang membuktikan bahwa hobi merokok bisa menurunkan IQ karena kemampuan rokok dalam menurunkan pasokan oksigen di dalam otak.

Cukup banyak perokok yang mengaku kerap mendapatkan ide cemerlang, lebih fokus, dan lebih bisa berkonsentrasi setelah merokok. Memang, hal ini bisa terjadi dalam jangka pendek. Namun, dampak jangka panjang dari rokok sangatlah membahayakan bagi kesehatan dan kecerdasan otak kita.

Salah satu jenis penyakit yang sangat rentan menyerang para perokok adalah stroke. Hal ini disebabkan oleh kemampuan nikotin yang bisa meningkatkan kadar plak di dalam pembuluh darah arteri. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika stroke akan menyerang otak dan bisa membuat penderitanya mengalami kelumpuhan, gangguan fungsi otak, atau bahkan kematian dini.

Melihat adanya fakta ini, masih yakin akan terus merokok?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi