Terbit: 19 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ponsel kini termasuk dalam benda yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Sayangnya, banyak orang yang menuding ponsel sebagai penyebab berbagai macam masalah kesehatan. Sebagai contoh, jika kita kerap memainkannya, maka kita cenderung akan kurang gerak dan hal ini bisa memicu kenaikan berat badan. Beruntung, menurut pakar kesehatan, kita sebenarnya bisa memaksimalkan ponsel sebagai alat yang membantu kita menjaga berat badan tetap ideal. Bagaimana caranya?

Begini Cara Memakai Ponsel yang Benar Agar Tubuh Bisa Langsing

Mengunduh aplikasi diet
Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kita temukan di ponsel. Salah satunya adalah aplikasi yang bisa membantu kita melakukan diet dengan sehat. Aplikasi ini bisa berupa cara menghitung asupan kalori harian atau informasi tentang kalori dari suatu makanan sehingga kita pun tidak akan memilih makanan yang salah saat sedang menjalani program diet.

Mengunduh aplikasi olahraga
Kita juga bisa mengunduh aplikasi untuk berolahraga yang bisa mengukur seberapa jauh kita berlari atau seberapa banyak kalori yang terbakar di dalam tubuh. Dengan melakukannya, maka kita pun bisa mengatur kegiatan olahraga yang tepat agar berat badan bisa cepat turun.

Mengatur alarm untuk mengingatkan jadwal makan dan olahraga
Jika Anda termasuk dalam orang yang kesulitan untuk bangun pagi, jangan ragu untuk menyetel alarm agar kita bisa bangun pagi dan mau melakukan olahraga yang tentu baik bagi kesehatan dan berat badan. Kita juga bisa mengatur alarm untuk membuat kita selalu makan di jam yang teratur sehingga tidak akan mudah mengalami kenaikan berat badan.

Mendengarkan musik yang bersemangat saat berolahraga
Cukup dengan memasang earphone dan memutar daftar lagu yang bersemangat, maka kita pun tidak akan malas-malasan saat berolahraga sehingga bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Mengunggah foto makanan sehat atau kegiatan olahraga
Meskipun terlihat seperti pamer, mengunggah foto makanan sehat atau kegiatan olahraga yang kita lakukan setiap hari di media sosial ternyata ada manfaatnya lho. Jika ada teman atau keluarga yang menyukai unggahan kita dan memberikan pujian, maka kita pun akan lebih bersemangat untuk menerapkan gaya hidup sehat atau menjalani program diet.

Jadi, jangan hanya dipakai untuk bermain media sosial atau game saja, asalkan dipakai dengan benar, ponsel bisa bermanfaat bagi kesehatan kita lho.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi