Terbit: 27 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang terbiasa memainkan ponselnya sebelum tidur meskipun lampu kamar sudah dimatikan. Memang, cahaya dari layar ponsel yang cukup terang bisa membuat kita bisa melihat berbagai tulisan atau gambar pada ponsel dengan jelas, namun, menurut pakar kesehatan, kebiasaan memainkan ponsel di tempat gelap ternyata bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan ini.

Menyebabkan kerusakan retina mata
Layar ponsel mampu memancarkan sinar biru yang termasuk dalam high-energy visible light. Gelombang sinar ini cenderung pendek namun memiliki tingkat energi yang sangat kuat. Paparan sinar biru ini ternyata mampu menembus sampai bagian dalam mata sehingga jika kita kerap memainkan ponsel di tempat gelap, dikhawatirkan bisa menyebabkan kerusakan retina mata dalam jangka panjang.

Gangguan tidur
Jika kita cermati, rasa kantuk kita cenderung hilang saat kita asyik memainkan ponsel sebelum tidur. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar biru ponsel yang bisa menurunkan kadar hormon melatonin dengan drastis. Padahal, hormon inilah yang bisa membuat kita mengantuk dan mengendalikan siklus tidur dan bangun tidur. Dengan memainkan ponsel di tempat gelap, khususnya sebelum tidur, kita akan mengalami gangguan tidur dan akhirnya tidak mampu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Kondisi ini bisa berimbas pada tubuh yang mudah lesu, mengantuk, hingga menyebabkan datangnya penyakit karena menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Berbahaya bagi kesehatan otak
Kurang tidur akibat kerap menggunakan ponsel sebelum tidur ternyata bisa memicu penurunan daya ingat dan fungsi kognitif otak dengan signifikan.

Menyebabkan depresi
Kerap terpapar sinar biru ternyata bisa membuat kita lebih rentan terkena depresi.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita lebih bijak dalam memainkan ponsel, khususnya sebelum tidur atau di tempat gelap demi mencegah datangnya masalah kesehatan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi