Terbit: 28 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tubuh akan mengeluarkan keringat saat udara sedang sangat panas, banyak bergerak, atau saat sedang dalam kondisi gugup dan stress. Banyak orang yang berpikir jika kita banyak mengeluarkan keringat meskipun tidak sedang berolahraga, maka di dalam tubuh terjadi pembakaran kalori dalam jumlah yang banyak dan hal ini bisa membuat tubuh menjadi langsing. Apakah hal ini benar adanya?

Banyak Berkeringat Meski Tidak Berolahraga Bisa Bikin Langsing?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam keringat yang kita keluarkan terdapat kandungan seperti urea encer, gula, garam, serta ammonia. Hanya saja, keringat ini berwujud air, bukannya lemak yang luluh. Hal ini berarti, banyak berkeringat bukanlah jaminan bahwa di dalam tubuh sedang terjadi pembakaran kalori yang bisa membantu proses menurunkan berat badan.

Memang, saat kita berolahraga, tubuh juga akan mengeluarkan keringat. Namun, proses pembakaran kalori di dalam tubuh ini terjadi karena kita melakukan aktifitas fisik, bukannya karena keringat yang banyak keluar dalam tubuh.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di balik lapisan kulit kita terdapat 2 hingga 4 juta kelenjar keringat yang mengeluarkan air dan berbagai elektrolit keluar dari permukaan kulit. Beberapa bagian tubuh yang kerap mengeluarkan keringat adalah telapak tangan, ketiak, dan alat kelamin. Dengan mengeluarkan keringat, proses penguapan bisa terjadi dan akhirnya mendinginkan suhu tubuh saat cuaca sedang sangat panas. Sementara itu, kelenjar keringat apokrin yang berada dekat dengan folikel rambut dan beberapa bagian tubuh lainnya bisa mengeluarkan keringat sebagai respons dari stress emosional.

Meskipun tidak berkaitan langsung dengan penurunan berat badan, banyak berkeringat termasuk dalam proses detoksifikasi alami tubuh. Karena alasan ini ada baiknya kita merasa senang jika tubuh mengeluarkan banyak keringat karena bisa memberikan manfaat kesehatan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi