Terbit: 15 January 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siang pukul 12:10 WIB, tepat setelah sesi perdagangan saham sesi 1 hari Senin, 15 Januari 2018, balkon Tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) ambruk. Ratusan orang yang kebanyakan adalah mahasiswa menjadi korban dari kejadian nahas tersebut.

Balkon Gedung Bursa Efek Indonesia Ambruk, Lakukan Hal ini Jika Mengalami Kejadian Serupa

Photo Credit: Twitter/ Efenerr

Meskipun jarang terjadi, kasus gedung yang ambruk bisa saja menimpa kita di lain waktu, apalagi jika ada bencana seperti gempa bumi. Jika kita sampai berada dalam kejadian yang mirip, ada baiknya kita melakukan hal ini agar bisa selamat.

Tidak panik
Hal yang paling penting untuk dilakukan agar bisa selamat dari kejadian ambruknya gedung adalah tidak panik. Jernihkan pikiran agar kita bisa mencari akses keluar dari gedung. Biasanya, hal ini ditandai dengan adanya cahaya dari luar apabila kejadian berlangsung di siang hari. Keluarlah lewat pintu atau jendela dengan segera demi menghindari adanya kemungkinan bagian gedung lain ikut ambruk.

Jika terjadi di lantai atas, jangan gunakan lift
Jika kita berada di lantai atas gedung, jangan gunakan lift karena sistemnya dikhawatirkan ikut rusak sehingga tidak akan bekerja dengan normal. Gunakan tangga yang lebih aman untuk dilakukan.

Jika sulit untuk keluar gedung, lakukan hal ini
Dalam banyak kasus, akses untuk keluar gedung benar-benar tertutup sehingga mau tidak mau kita hanya bisa menunggu bantuan. Jika sampai hal ini terjadi, ada baiknya kita tetap tenang dan tidak terlalu ngoyo untuk terus mencari jalan keluar. Jika kita melakukannya, bisa jadi debu akan terus beterbangan dan mengganggu pernafasan dan menurunkan jumlah oksigen yang sangat kita butuhkan untuk bernafas. Selain itu, pastikan untuk mencari perlindungan layaknya bawah meja sehingga bisa menghindari dampak lain jika sampai ada bagian gedung lain yang ikut ambruk.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi