Terbit: 15 Maret 2018 | Diperbarui: 23 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan “perang” komentar antara artis seperti Dedy Corbuzier dan artis-artis lainnya perihal tayangan yang dianggap “alay”. Namun, sebuah penelitian justru menghasilkan fakta bahwa acara reality, acara-acara yang melibatkan orang-orang yang menunjukkan kehidupan nyata, justru bisa tidak sehat bagi penonton ataupun peserta yang terlibat.

Bahaya Reality Show di Televisi

Dikutip dari Healthline, seorang mantan peserta acara reality “Master Chef” bernama Jessie Glenn menyebut salah satu rekannya dalam acara tersebut, Joshua Marks, mengalami gangguan psikis yang sangat parah hingga memutuskan untuk bunuh diri setahun setelahnya.

Dalam acara reality, kita tentu pernah melihat konflik antar peserta yang membuat acara tersebut menjadi semakin menarik. Padahal menurut Jessie, hal ini bisa menyebabkan stres traumatik dalam jangka waktu yang lama.

Kerap dianggap sebagai representasi kehidupan modern, dalam realitanya reality show juga sudah didesain sedemikian rupa agar bisa menyediakan drama atau konflik antar pesertanya. Yang menjadi masalah adalah, pesertanya terkadang tidak tahu ada orang-orang yang sengaja memicu konflik tersebut dan akhirnya bisa menyebabkan stres atau trauma tersendiri.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Girl Scounts Organization pada tahun 2011, disebutkan bahwa lebih dari separuh gadis muda menganggap acara reality sebagai sesuatu yang nyata. Bagi anak-anak, mereka bahkan lebih sulit untuk membedakan mana yang dianggap nyata dan yang tidak nyata dari apa yang mereka lihat. Hal ini membuat mereka seperti merasa lebih superior dari orang lain.

Banyak peserta reality show yang ditertawakan, ditolak, atau bahkan menjadi korban perundungan dan hal ini bisa membuat anak-anak atau generasi muda yang menontonnya cenderung lebih agresif.

Melihat adanya fakta ini, siapa saja, khususnya orang tua yang memiliki anak-anak, selalu mengendalikan apa yang ditonton keluarganya di televisi dan memastikan bahwa tidak acara tidak mendidik yang ditonton.

Sobat Sehat sering menonton acara reality tidak?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi