Terbit: 5 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda merasa susah berkonsentrasi ketika berada di kantor? Sebagian merasa bahwa susah konsentrasi hanyalah sebuah gangguan kecil dan biasa terjadi. Namun jika ini terus-menerus terjadi, tentu sangat mengganggu aktivitas Anda. Susah fokus dan konsentrasi juga merupakan salah satu gejala ADHD (Attention-Deficit Hyperactivity Disorder) yang perlu mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

Atasi Gangguan Konsentrasi di Tempat Kerja dengan Cara Ini

Dilansir dari WebMD, Psikolog Lucy Jo Palladino membeberkan beberapa cara untuk membantu Anda tetap fokus dan berkonsentrasi, baik bagi Anda yang mengidap ADHD maupun tidak:

1. Hindari sosial media
Saat bekerja, hindari berlama-lama mengakses sosial media untuk sekedar update status, memberi komentar pada kegiatan terbaru dari teman-teman Anda, dan berbagai aktivitas sosial media lainnya. Jika Anda memang merasa perlu untuk selalu memeriksa sosial media, lakukan di waktu istirahat. Tanpa disadari berbagai aktivitas di sosial media dapat menghabiskan waktu Anda dan mengganggu konsentrasi Anda pada hal yang lebih penting.

2. Balas email yang penting
Anda tidak dapat menghindari berapa jumlah email yang masuk, namun Anda dapat memilih mana email yang perlu Anda buka dan Anda balas. Kegiatan membalas email juga sangat memakan waktu, jika Anda tidak cermat dalam memilih mana email yang perlu dibalas segera, pekerjaan Anda akan semakin menumpuk.

3. Multitasking bukan solusi
Anda mungkin merasa bahwa multitasking adalah solusi untuk mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Namun tidak semua pekerjaan bisa Anda kerjakan dengan metode multitasking. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa otak kita sebenarnya tidak didesain untuk multitasking. Ketika melakukan multitasking, Anda membutuhkan waktu untuk mengalihkan fokus dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Hasilnya, mengerjakan tiga pekerjaan sekaligus membutuhkan waktu lebih lama dari mengerjakan pekerjaan tersebut secara satu per satu.

4. Atasi kebosanan
Anda mungkin merasa bahwa satu pekerjaan lebih menarik dibanding pekerjaan lainnya. Ketika mengerjakan sesuatu yang membosankan, Anda akan mencari lebih banyak distraksi untuk menyemangati diri Anda. Cara ini sebenarnya tidak salah, namun dengan begitu Anda akan kesulitan mengontrol waktu yang terbuang. Sebaiknya, tetap lakukan pekerjaan tersebut, lalu hadiahi diri Anda dengan hal-hal yang menyenangkan setelah pekerjaan tersebut selesai.

5. Relaksasi
Stres di tempat kerja juga bisa jadi penyebab Anda susah fokus atau berkonsentrasi. Saat Anda merasa jenuh, istirahatlah sebentar, minum air putih, atau lakukan senam ringan untuk melancarkan peredaran darah. Jika Anda merasa lelah, mintalah ijin untuk tidur siang sejenak jika perlu untuk mengembalikan stamina Anda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi