Terbit: 14 October 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Bronkitis adalah penyakit saluran pernapasan yang menyebabkan penderitanya batuk berkepanjangan hingga sesak napas. Apakah bronkitis tergolong penyakit menular? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apakah Penyakit Bronkitis Bisa Menular? Cek Faktanya

Apakah Bronkitis Termasuk Penyakit Menular?

Bronkitis adalah peradangan pada lapisan saluran bronkial, merupakan saluran udara dari dan ke paru-paru. Peradangan bronkial menyebabkan gejala sering batuk berdahak hingga sesak napas Bronkitis terbagi dua jenis yakni kronis dan akut.

Bronkitis kronis terjadi ketika saluran udara meradang dalam waktu yang lama dengan gejala berlangsung setidaknya 3 bulan dan berulang selama 2 tahun. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok sehingga jenis ini tidak menular.

Sedangkan bronkitis akut dapat berlangsung selama 1 sampai 3 minggu. Jenis ini biasanya disebabkan oleh virus flu (influenza), sehingga bronkitis akut biasanya bisa menular.

Jadi, apakah penyakit bronkitis menular atau tidaknya tergantung pada yang menjadi penyebabnya.

Gejala Bronkitis Akut

Selama beberapa hari pertama mengalami infeksi, gejala bronkitis akut mungkin mirip dengan gejala flu, seperti lelah, sakit kepala, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Namun, setelah beberapa hari Anda mungkin mengeluhkan beberapa gejala lain, termasuk:

  • Sesak dada.
  • Mengi atau kesulitan bernapas.
  • Batuk berdahak.

Sebagian besar gejala ini biasanya mulai mereda dalam waktu 1 hingga 2 minggu, tetapi batuk dapat berlanjut selama beberapa minggu. Terkait apakah batuk bronkitis bisa menularkan penyakit ini atau tidak akan dibahas dalam ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Bronkitis: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Bagaimana Penularan Bronkitis Akut?

Bronkitis akut disebabkan virus dan bakteri yang juga menyebabkan pilek dan flu. Bronkitis juga bisa menjadi manifestasi dari COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona.

Seseorang yang terinfeksi bronkitis akut baik karena virus atau bakteri; kemungkinan bisa menularkan ke orang lain melalui percikan cairan dari saluran napas (droplet) yang mengandung virus atau bakteri.

Virus atau bakteri penyebab bronkitis menyebar melalui cara berikut, meliputi:

  • Berbicara.
  • Batuk.
  • Bersin.
  • Berjabat tangan atau kontak fisik dengan orang yang terinfeksi.
  • Menyentuh permukaan fasilitas umum yang terpapar virus atau bakteri.

Apabila Anda menyentuh permukaan benda yang telah disentuh orang yang terinfeksi dan kemudian menyentuh wajah Anda, virus atau bakteri dapat menyebabkan infeksi.

Biasanya bronkitis akut terjadi selama musim flu. Dengan begitu, Anda dapat mencegahnya atau setidaknya mengurangi risiko tertular.

Bronkitis akut yang disebabkan oleh infeksi bakteri mudah ditularkan pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau infeksi kronis. Orang tua dan anak-anak juga mungkin rentan terinfeksi.

Beberapa jenis bakteri yang seringkali menyebabkan bronkitis adalah Bordetella pertussis, Streptococcus, dan Mycoplasma pneumonia.

Seseorang bisa menularkan penyakit bronkitis kepada orang lain tergantung pada jenis virus yang menginfeksi Anda. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan menularkannya selama beberapa hari, dan mungkin selama seminggu.

Baca Juga: Bronkitis Akut: Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan

Cara Mencegah Penularan Bronkitis

Apabila Anda memiliki gejala bronkitis dan khawatir dapat menularkan ke orang lain, sebaiknya menjauh dari orang lain dan membatasi sejauh mana virus atau bakteri Anda dapat menyebar.

Berikut ini cara mencegah penularan bronkitis, di antaranya:

  • Jangan pergi untuk bekerja atau keperluan lainnya sampai kondisi tubuh sehat.
  • Menjaga jarak dari orang-orang yang tinggal bersama; misalnya tidur di kamar lain dari pasangan.
  • Mencuci tangan sesering mungkin.
  • Menggunakan masker.
  • Menutup hidung atau mulut menggunakan tisu atau siku ketika batuk atau bersin.
  • Disinfeksi di setiap ruangan di rumah.
  • Hindari menyentuh orang lain dan permukaan, terutama jika digunakan bersama.

Bagi Anda yang sehat, penting juga untuk melakukan tindakan pencegahan agar tidak tertular bronkitis. Apabila Anda harus berada di sekitar orang yang mungkin menderita bronkitis akut menular, lakukan langkah berikut ini:

  • Rajin mencuci tangan baik sebelum maupun setelah beraktivitas.
  • Menggunakan hand sanitizer apabila tidak memgungkinkan mencuci tangan dengan air dan sabun.
  • Menggunakan masker.

Jika Anda lansia, mendapatkan suntikan flu tahunan dan mempertimbangkan vaksin pneumonia juga bisa membantu melindungi Anda dari penyakit bronkitis dan mengalami komplikasi terinfeksi.

 

  1. Anonim. 2017. Bronchitis. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bronchitis/symptoms-causes/syc-20355566 (Diakses pada 14 Oktober 2022)
  2. Pagán, Camille N. 2021. Is Bronchitis Contagious?. https://www.webmd.com/lung/is-bronchitis-contagious (Diakses pada 14 Oktober 2022)
  3. Wilkinson, John M. 2019. Acute bronchitis: Is it contagious?. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bronchitis/expert-answers/acute-bronchitis/faq-20057839 (Diakses pada 14 Oktober 2022)
  4. Whelan, Corey. 2021. Bronchitis: Is it Contagious?. https://www.healthline.com/health/is-bronchitis-contagious 20057839 (Diakses pada 14 Oktober 2022)
  5. Welsh, Jennifer. 2022. Is Bronchitis Contagious?. https://www.verywellhealth.com/is-bronchitis-contagious-5179774 (Diakses pada 14 Oktober 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi