Terbit: 27 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, warna dinding interior rumah sakit seringkali adalah biru atau hijau. Tak disangka, pemilihan warna ini ternyata memiliki tujuan tersendiri lho. Seperti apakah tujuan tersebut?

Alasan Mengapa Warna Cat Dinding Rumah Sakit Seringkali Biru atau Hijau

Pakar kesehatan menganggap warna mampu mempengaruhi kesehatan, perilaku, hingga kondisi psikis seseorang. Khusus untuk warna hijau atau biru, warna ini dianggap bisa membuat pasien yang sedang berada di rumah sakit menjadi lebih tenang dan nyaman. Dengan pikiran yang lebih tenang, para pasien tentu akan lebih cepat mendapatkan kesembuhan.

Hal ini disebabkan oleh sifat dari kedua warna tersebut yang tidak mencolok, tidak menarik perhatian, lembut untuk dilihat, dan membuat warna darah tidak begitu mencolok. Tak hanya baik bagi pasien, warna ini juga bisa membantu tenaga medis yang kerap kali membutuhkan konsentrasi tinggi untuk menangani pasiennya.

Dalam sejarah dunia medis, baju putih mulai ditinggalkan oleh para tenaga operasi dan mulai menggantinya dengan baju berwarna hijau atau biru terang sejak tahun 1950-1960-an. Penggantian ini disebabkan oleh kombinasi warna terang dari baju putih dan pencahayaan di ruang operasi yang dianggap membuat mata menjadi lebih tegang dan mudah letih. Dengan warna yang lebih menenangkan, diharapkan para dokter dan tenaga medis bisa berkonsentrasi dengan lebih baik saat melakukan prosedur operasi dan tidak mudah lelah.

Sebuah penelitian terbaru menghasilkan fakta menarik tentang penggunaan warna hijau yang ternyata bisa membuat penurunan denyut jantung dan tekanan darah, serta membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks. Karena alasan inilah, tak hanya di rumah sakit, beberapa tempat lain seperti stasiun televisi, test center dan berbagai tempat lainnya cenderung menggunakan warna hijau atau biru dengan tujuan membuat pikiran lebih santai dan menurunkan emosi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi