Terbit: 21 March 2018 | Diperbarui: 27 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Media sosial masih dihebohkan dengan isu telur palsu yang kabarnya beredar di pasaran. Sebenarnya, seperti apa sih ciri-ciri telur palsu yang dihebohkan masyarakat ini?

Agar Tidak Resah, Ketahui Ciri-Ciri Telur Palsu?

Dikutip dari CNN, PLH Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKI Jakarta Sri Hatarti menyebut isu telur palsu ini awalnya berasal dari Pasar Jaya Johar Baru pada tanggal 14 Maret 2018. Salah seorang warga mengaku telah melaporkan keberadaan telur palsu yang baru saja Ia beli dengan ciri-ciri putih telurnya encer dan ada lapisan kertas pada cangkang telurnya. Selain itu, kuning telurnya juga terlihat lebih kenyal dari biasanya.

Dinas Pangan Jakarta yang mendapatkan laporan tersebut langsung melakukan pengujian pada sampel telur dari berbagai pasar di Jakarta. Hasilnya adalah, tidak ditemukan telur palsu. Meskipun secara fisik mirip dengan ciri-ciri telur palsu yang diungkapkan sebelumnya, telur itu tetap memiliki DNA ayam sehingga bisa dipastikan bahwa kabar adanya telur palsu ini hoaks.

Kabar tentang telur palsu ini sebenarnya sudah ada sejak 2017 lalu, tepatnya setelah website Asia One memberitakan tentang adanya beberapa produsen telur palsu di Tiongkok. Dalam keterangan dari berita tersebut, telah ada produksi telur palsu di Tiongkok namun produk ini belum diekspor hingga ke luar Negeri Tirai Bambu.

Menurut Kementerian Kesehatan Tiongkok, disebutkan bahwa telur buatan ini dibuat dari bahan kalsium karbonat, alginate, gelatin, tawas, asam benzoate, air, kalsium klorida, dan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan ini tentu tidaklah sesehat kandungan yang ada di dalam telur asli.

Menurut keterangan dari website tersebut ciri-ciri telur palsu buatan Tiongkok adalah permukaan cangkangnya yang lebih kasar dari telur asli, ukuran telur yang cenderung lebih besar, kuning telur yang warnanya terlihat lebih terang, dan saat dikocok terdapat suara cairan yang jelas.

Kalau di tempat Sobat Sehat, isu telur palsu ini sudah menghebohkan belum?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi