Terbit: 12 April 2018 | Diperbarui: 13 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Coba perhatikan, seringkah Anda membuang sampah makanan? Kerap kita anggap tidak penting padahal sebenarnya sampah makanan atau food waste menjadi masalah yang dapat memengaruhi kesehatan kita, lho.

5 Tips Cegah Terjadinya Food Waste

Jika Anda masih merasa bahwa sampah makanan sebagai sampah organik yang aman dan tidak berbahaya, maka anggapan itu sebaiknya Anda buang jauh-jauh. US Food Drug Administration menyebutkan bahwa food waste, utamanya dari konsumen, menjadi salah satu penyebab keracunan makanan yang paling besar.

Hal ini disebabkan bakteri yang ada pada makanan yang rusak, baik dari bahan makanan segar ataupun makanan kemasan yang kedaluwarsa, lebih berbahaya dan berkembang lebih cepat. Sehingga menyebabkan risiko keracunan makanan menjadi lebih besar.

Apalagi jika kita tidak mengetahui bahwa makanan tersebut sudah rusak/ kedaluwarsa serta tidak membuang sisa sampah bahan makanan dengan benar. Maka kontaminasi makanan bisa terjadi dan memengaruhi kualitas makanan lainnya.

Kita tentu tidak ingin hal tersebut terjadi kan? Untuk itu kita harus mengatur agar bahan makanan yang akan diolah atau dikonsumsi tidak berlebihan dan terjaga kualitasnya. Beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah dengan:

1. Merencanakan pembelian bahan makanan dengan tepat

Pastikan Anda mengolah bahan makanan tersebut sebelum rusak atau kedaluwarsa.

2. Tidak membeli bahan makanan berlebihan

Jika Anda tidak menghabiskan bahan makanan tersebut hingga masa pakainya maka belilah dalam jumlah yang cukup saja.

3. Mengontrol suhu dan kualitas bahan makanan saat disimpan

Pastikan suhu bahan makanan sesuai dengan jenisnya. Kontrol suhu kulkas atau frezeer menggunakan termometer agar kualitas makanan bisa terjaga. Tempatkan bahan makanan di wadah yang tertutup untuk menjaga keamanan dan kemungkinan kontaminasinya.

4. Tidak menyediakan bahan makanan berlebihan

Jumlah makanan yang berlebihan justru akan meningkatkan risiko kita membuang makanan. Untuk itu olahlah bahan makanan sesuai dengan jumlah orang yang akan mengonsumsinya.

5. Mengatur pembuangan sampah sisa makanan

Selalu pastikan kualitas makanan dan tanggal kedaluwarsa produk. Jika harus membuang sampah makanan mak pastikan Anda menutup rapat sampah sisa makanan atau makanan yang telah rusak.

Nah, itu dia lima tips untuk mencegah terjadinya food waste. Sudahkah Anda menerapkannya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi