Terbit: 13 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki tubuh gemuk adalah momok utama yang ditakuti oleh setiap wanita. Mereka akan berusaha menurunkan berat badan dengan berbagai cara, salah satunya yakni dengan melakukan program diet ketat. Mereka percaya bahwa dengan melakukan diet ketat akan mendapatkan hasil yang cepat pula.

5 Efek Samping Diet Atkins yang Berbahaya Untuk Kesehatan

Padahal, tahukah Anda bahwa terdapat efek negatif dari diet yang salah terutama untuk kesehatan. Ada banyak jenis program diet yang bisa diterapkan dan dipercaya ampuh menurunkan berat badan secara cepat, salah satunya adalah diet atkins.

Diet Atkins merupakan diet rendah karbohidrat dan tinggi protein. Diet ini dikenalkan oleh Dr. Robert C. Atkins yang juga seorang kardiolog, di awal tahun 70-an. Pada saat menjalankan diet ini, selama 2 minggu pertama Anda hanya boleh mengkonsumsi makanan protein saja dan tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat.

Lalu, setelah 2 minggu, Anda diperbolehkan mengkonsumsi karbohidrat namun dalam jumlah yang sedikit saja. Diet ini memiliki teori yakni semakin banyak karbohidrat yang masuk, maka gula darah akan semakin naik dan akan menyebabkan kegemukan. Dalam menjalankan diet ini, Anda dapat menurunkan berat badan tanpa harus merasa lapar. Menarik bukan? Namun, sama halnya dengan jenis program diet lainnya, diet ini juga memiliki beberapa efek samping. Diantaranya:

  1. Anda akan merasa kelelahan, pusing, jantung berdebar, keluar keringat dingin, dan kelemahan. Gejala ini timbul karena pada saat sedang diet atkins, asupan karbohidrat dikurangi secara drastis.
  2. Menyebabkan nafas tidak segar karena keton yang dihasilkan tubuh akan dikeluarkan melalui urin dan napas.
  3. Mengalami Kram karena kurangnya mineral yang masuk ke dalam tubuh. Dianjurkan untuk minum air putih yang banyak atau buah segar.
  4. Menimbulkan sembelit. Kurangnya asupan makanan tinggi serat adalah penyebab timbulnya sembelit. Umtuk itu disarankan untuk banyak mengkonsumsi salad, baik salad sayur maupun salad buah.
  5. Mengalami ketosis di mana keton akan diproduksi oleh tubuh.

Setelah Anda mengetahui 5 efek samping dari diet atkins di atas, apakah Anda masih mau melakukan program diet yang salah dengan membahayakan kesehatan Anda?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi