Terbit: 12 March 2018 | Diperbarui: 31 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kebiasaan merokok diketahui dapat mempengaruhi kesehatan. Namun, sebenarnya tidak hanya itu saja, bahkan Penampilan Anda juga akan berubah dengan kebiasaan merokok tersebut. Rokok dapat mengubah penampilan Anda karena pengaruhnya terhadap gigi, rambut dan kulit.

Rokok Bisa Merusak Penampilan Anda, Ini 5 Efek Buruknya

Seperti yang dilansir dari onhealth.com, berikut ini kami merangkum 5 alasan mengapa merokok akan mempengaruhi penampilan Anda.

1. Mengurangi kekencangan kulit

Merokok membuat kulit kehilangan elastisitas atau kekencangannya. Akibatnya, kulit menjadi kendur dan membuat Anda terlihat lebih tua dari seharusnya.

2. Warna kulit tidak merata

Kebisaan merokok akan mempengaruhi pembuluh darah Anda. Hal ini membuat kulit menjadi kekurangan oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Akibatnya, para perokok dapat tampak pucat atau memiliki warna kulit yang tidak merata.

3. Muncul garis-garis halus dan keriput di sekitar bibir

Berbagai macam bahan dalam rokok dapat merusak kolagen dan elastin, dua komponen utama kulit. Pada area sekitar bibir, hal ini dapat menimbulkan keriput dan garis-garis halus. Akibatnya, tanda-tanda penuaan dini muncul di area sekitar bibir.

4. Merusak gigi dan gusi

Merokok juga dapat mengganggu kesehatan gigi dan gusi serta membuat gigi tampak kuning. Tidak hanya itu saja, merokok juga dapat menimbulkan masalah pada rongga mulut seperti sakit gusi, napas yang berbau, dan hilangnya gigi.

5. Noda pada tangan dan jari

Jika Anda memperhatikan jari tangan dan kuku perokok berat, sering kali Anda akan menyadari noda berwarna kekuningan. Noda ini tentu membuat penampilan tangan Anda menjadi tidak menarik. Namun, noda ini biasanya akan memudar setelah berhenti merokok.

Nah, dengan beberapa alasan di atas, apakah Anda akan tetap akan merokok?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi