Terbit: 7 March 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi kebanyakan orang, secangkir kopi di pagi hari adalah satu-satunya minuman hangat beraroma khas yang benar-benar bisa membangunkan kita dari nyenyaknya tidur.

4 Solusi Bangun Pagi Tanpa Menyeruput Secangkir Kopi

Setelah alarm berbunyi, tubuh langsung beranjak dari tempat tidur dan melangkah kaki ke arah dapur untuk membuat segelas kopi panas yang bisa menghangatkan pagi Anda.

Sementara efek negatif dari kopi jangan sampai terabaikan, tak ada yang mau merasakan kecanduan dari minuman berkafein ini. Jadi, apakah Anda menghindari kopi sama sekali atau ingin menguranginya? Berikut adalah empat alternatif alami yang dapat membantu Anda bangun pagi tanpa segelas kopi, seperti melansir Natural Society, berikut ini.

1. Teh hijau
Mungkin salah satu alternatif untuk mengurangi minum kopi yang paling efektif adalah teh. Teh hijau khususnya memiliki manfaat yang luar biasa, yakni sebagai antikanker, untuk kekebalan tubuh, dan menjaga berat badan.

Teh sangat mudah ditemukan dan mudah dibuat seperti kopi. Teh juga mengandung kafein, tapi tak sebanyak seperti yang terkandung di dalam kopi, ini tidak akan berdampak buruk pada tubuh Anda. Anda bisa minum beberapa cangkir teh sehari untuk menuai banyak manfaat dari teh hijau.

2. Jus organik
Apa yang Anda konsumsi ke dalam perut Anda di pagi hari ini dapat mengatur metabolisme tubuh hingga siang hari. Jus buah dan sayuran segar tampaknya bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan selera dan menyegarkan tubuh Anda.

Jus buah dan sayur memungkinkan tubuh Anda memanfaatkan sebagian besar senyawa bermanfaat dalam makanan. Cobalah mengonsumsi kangkung, jahe, dan buah beri agar memulai pagi Anda dengan semangat.

3. Makan sesuatu
Jika tidak berselara dengan meminum jus, pastikan Anda mengonsumsi sesuatu sebelum memulai aktivitas. Puasa bisa menjadi sehat, tapi melewatkan sarapan setiap hari lebih cenderung  mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak mendukung Anda dalam menjaga berat badan.

Mengonsumsi beberapa buah dan kacang adalah cara yang baik dan penuh nutrisi untuk mendapat tambahan energi di pagi hari. Lemak dan antioksidan yang terkandung dalam makanan ini akan membantu Anda menghindari kelelahan di siang hari.

4. Peregangan dan lari pagi
Banyak dari kita sepenuhnya bangun sampai tengah hari. Tapi banyak dari kita juga tidak bisa menghabiskan energi di pagi hari. Sempatkanlan 10 menit berlari atau berjalan kaki di pagi hari atau luangkan waktu untuk melakukan yoga sebelum Anda pergi ke kamar mandi.

Lari pagi akan melancarkan peredearan darah Anda. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membangunkan tubuh dan pikiran Anda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi