Terbit: 12 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bela diri merupakan salah satu kesenian yang digunakan seseorang untuk mempertahankan atau membela diri. Seni bela diri sudah banyak digemari oleh setiap kalangan usia terutama bagi yang menyukai tantangan. Tidak hanya laki-laki saja, wanita juga bisa mempelajari kesenian ini. Di samping untuk melindungi diri dari kejahatan yang tidak terduga, seni bela diri juga ternyata ampuh untuk menurunkan berat badan.

3 Seni bela Diri ini Ternyata Mampu Menurunkan Berat Badan

Ada 3 jenis seni bela diri yang dipilih untuk menurunkan berat badan secara cepat, diantaranya: Muay Thai, Karate, dan Boxing (tinju). Lalu, mengapa ketiga seni bela diri tersebut dikatakan mampu menurunkan berat badan? Berikut penjelasannya:

1. Muay Thai

Muay Thai merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Thailand. Seni bela diri ini cukup diminati oleh kalangan wanita karena berisi gerakan yang cukup mudah, yakni hanya melibatkan pukulan, sikut, tendangan, dan bantingan. Selain itu, Muay Thai juga ampuh menghilangkan lemak yang sulit untuk dihilangkan terutama pada bagian lengan, perut, dan paha. Pada saat melakukan seni bela diri ini, Anda akan terus bergerak berganti kuda-kuda, melepaskan tendangan dan pukulan, dan bergulat. Maka dari itu, bela diri ini dianggap sempurna untuk membakar sekitar 590-931 kalori per jam.

2. Karate

Karate merupakan seni bela diri yang berasal dari Jepang. Seni bela diri ini juga dikatakan ampuh untuk menurunkan berat badan karena gerakan di dalamnya berfokus pada kekuatan dan juga tubuh bagian atas. Saat melakukan seni bela diri ini, setiap gerakan serangan akan membuat otot-otot inti Anda mengeluarkan kekuatan terbaiknya sehingga mampu membentuk otot yang kuat. Meskipun karate dikatakan tidak sebaik seni bela diri lainnya, namun Anda tidak perlu khawatir, karena seni bela diri ini mampu membakar sekitar 560-931 kalori per jam.

3. Boxing (Tinju)

Boxing (tinju) memang hampir sama dengan Muay Thai, namun perbedaanya adalah jika Muay Thai melibatkan pukulan, sikut, tendangan dan bantingan, lain halnya dengan tinju yang hanya melibatkan pukulan saja. Hal tersebut mungkin akan membuat Anda berpikir bahwa seni bela diri ini tidak terlalu efektif dalam menurunkan berat badan seperti seni bela diri lainnya. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa pada saat melakukan boxing (tinju) di atas ring tinju, Anda mampu membakar 708-1.117 kalori per jam. Hal itu disebabkan karena ada banyak gerakan yang dilakukan seperti gerakan menghindar kepala, bahu, serta gerakan pinggang.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi