Terbit: 18 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Masalah yang dialami oleh pria tidak hanya perkara tidak bisa mendapatkan ereksi dengan sempurna dan ejakulasi dini. Lebih besar dari itu, pria yang menginginkan momongan bisa hancur hidupnya kalau tidak memiliki sperma yang sehat. Untuk itu, mereka harus menjaga kesehatannya dari pembunuh sperma di bawah ini.

Waspada, 5 Hal ini Bisa Membunuh Sperma Diam-Diam

1. Makanan kaleng

Makanan kaleng tidak baik untuk kesehatan pria khususnya mereka yang ingin memiliki sperma sehat. Makanan dalam kaleng memiliki kontaminasi BPA yang digunakan untuk melapisi kaleng agar tidak berkarat.

Kandungan BPA yang masuk ke dalam tubuh dan terkonsentrasi di sana dalam jumlah banyak bisa menurunkan konsentrasi dari sperma. Selanjutnya vitalitas dan kecepatan gerak dari sperma juga menurun sehingga tidak bisa berenang untuk mendekati ovum.

2. Produk kebersihan

Produk kebersihan seperti sabun, sampo, dan aneka pembersih untuk tubuh mengandung bahan phthalates. Bahan ini bermanfaat untuk mengikat aroma harum pada tubuh yang berasal dari produk kebersihan.

Efek samping dari phthalates adalah gangguan fungsi dari sperma. Bahan aktif ini bisa masuk ke pembuluh darah dan memengaruhi produksi sel kelamin jantan.

3. Produk pestisida

Petani atau mereka yang banyak menggunakan pestisida untuk membunuh serangga berpotensi mengalami gangguan sperma. Bahan kimia yang terhirup bisa meracuni tubuh memalui aliran darah atau secara langsung.

4. Alat bantu seks

Alat bantu seks yang digunakan oleh pria banyak terbuat dari silikon. Nah, bahan ini biasanya dilapisi juga dengan BPA yang memberi dampak negatif pada sperma.

5. Ikan yang tercemar

Ikan yang tercemar bisa menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh khususnya testis yang menghasilkan sperma. Agar kondisi ini tidak terjadi, pria disarankan untuk mengonsumsi ikan yang tidak berisiko tercemar PBC atau merkuri.

Inilah lima hal yang bisa membunuh sperma diam-diam. Mari lebih menjaga tubuh khususnya aset masa depan yang tidak bisa diganti depan apa pun.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi