Terbit: 15 January 2018 | Diperbarui: 3 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Salah satu obat yang paling sering dikonsumsi oleh manusia adalah yang berjenis ibuprofen. Obat ini mampu menghilangkan rasa nyeri layaknya sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, dan lain sebagainya. Sayangnya, kaum pria sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini dengan sembarangan karena dikhawatirkan bisa membuat dampak buruk bagi sperma.

Tak Ingin Mandul, Pria Harus Hati-Hati Minum Obat Ini

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark dan Prancis, disebutkan bahwa pria yang kerap mengkonsumsi ibuprofen dengan berlebihan sangatlah rentan mengalaim masalah gangguan kesuburan. Para peneliti bahkan menyarankan orang dewasa untuk membatasi asupan ibuprofen hingga hanya 1.200 mg saja dalam sehari.

Dari 31 pria berusia 18 hingga 35 tahun yang dilibatkan dalam penelitian ini, mereka dibagi menjadi dua kelompok dimana salah satu kelompok mengkonsumsi ibuprofen sebanyak 600 mg dua kali dalam sehari dan sisanya mengkonsumsi placebo, kapsul yang tidak berisi kandungan apapun. Setelah dua minggu, pria yang mengkonsumsi ibuprofen mengalami penurunan hormon testosterone dengan signifikan.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences ini, disebutkan bahwa ibuprofen mampu mempengaruhi endokrin dan produksi hormon testosterone. Hal ini akhirnya mempengaruhi produksi sperma dengan signifikan. Tak hanya menurunkan jumlahnya, kualitas sperma yang diproduksi juga akan menurun sehingga sulit untuk melakukan pembuahan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya pria tidak sembarangan mengkonsumsi obat berjenis ini dan selalu mengecek kandungan atau efek samping yang ada di labelnya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi