Terbit: 21 September 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada banyak penyebab yang membuat pandangan mata buram, mulai dari kebiasaan buruk hingga penyakit. Guna menghindari masalah pada mata, selengkapnya ketahui berbagai penyebabnya di bawah ini!

13 Penyebab Pandangan Mata Kabur yang Jarang Disadari

Penyebab Mata Buram yang Jarang Disadari

Penglihatan kabur sangat sering terjadi pada sebagian orang. Gangguan penglihatan ini karena masalah dengan salah satu komponen mata, seperti kornea, retina, atau saraf optik, dapat menyebabkan penglihatan kabur secara tiba-tiba.

Sementara penglihatan kabur yang progresif lambat biasanya terjadi akibat kondisi medis jangka panjang. Penglihatan mata kabur yang mendadak paling sering terjadi karena satu kondisi.

Berikut ini beragam penyebab mata buram:

1. Mata Kering

Air mata dapat melumasi, memelihara, dan melindungi mata, untuk itu harus terus-menerus memproduksi air mata bahkan saat sedang tidur. Namun, terkadang air mata di malam hari bisa mengering di permukaan mata, yang menyebabkan pandangan buram dan kabur di pagi hari.

Berkedip beberapa kali setelah bangun tidur dapat membantu melembapkan kembali kornea dan menghilangkan kekaburan.

2. Ablasio Retina

Ablasio retina adalah penyakit mata yang terjadi akibat lepasnya lapisan tipis di dalam mata yang disebut retina. Kondisi ablasio retina terjadi ketika retina terlepas dari bagian belakang mata dan kehilangan suplai darah dan sarafnya.

Ketika pandangan mata buram, Anda dapat melihat lampu berkedip dan bintik-bintik hitam diikuti oleh area penglihatan kabur atau tidak ada. Tanpa perawatan darurat, penglihatan di area itu bisa hilang secara permanen.

3. Stroke

Penyebab mata buram pada kedua mata bisa terjadi ketika seseorang mengalami stroke yang  memengaruhi bagian otak untuk mengontrol penglihatan. Stroke yang melibatkan mata dapat menyebabkan penglihatan kabur atau hilang hanya pada satu mata.

Seseorang mungkin memiliki gejala stroke lainnya, seperti kelemahan pada sebagian sisi tubuh atau ketidakmampuan untuk berbicara.

4. Glaukoma Sudut Tertutup

Glaukoma sudut tertutup adalah kondisi yang terjadi ketika sistem drainase di dalam mata tersumbat. Dalam kondisi ini membuat tekanan di dalam mata naik sangat cepat dan kemudian menyebabkan kemerahan, nyeri, dan mual.

Kondisi darurat medis ini memerlukan perawatan dengan obat tetes mata untuk membuka sudut, mengurangi tekanan, dan mengurangi peradangan. Biasanya prosedur laser (laser iridotomy) juga diperlukan.

5. Degenerasi Makula Basah

Pembuluh darah abnormal dapat tumbuh, menyebabkan darah dan cairan lain bocor ke dalam makula (pusat retina). Kondisi ini disebut degenerasi makula basah.

Degenerasi makula basah dapat menjadi penyebab pandangan mata kabur dan kehilangan penglihatan di bagian tengah bidang penglihatan. Tidak seperti degenerasi makula kering, jenis ini dapat mulai terjadi secara tiba-tiba dan berkembang cepat.

Baca Juga: 17 Cara Mengurangi Mata Minus yang Alami dan Medis

6. Ketegangan Mata

Ketegangan mata biasanya terjadi setelah melihat dan memusatkan perhatian pada sesuatu dalam waktu lama tanpa istirahat. Jika hasil dari fokus pada perangkat elektronik seperti komputer atau smartphone, terkadang disebut ketegangan mata digital.

Penyebab lainnya dari ketegangan mata adalah membaca dan mengemudi, terutama di malam hari dan dalam cuaca yang buruk.

7. Konjungtivitis

Konjungtivitis atau mata merah adalah infeksi pada lapisan luar mata yang menyebabkan peradangan pada konjungtiva. Ini adalah selaput bening dan tipis yang menyelimuti bagian putih mata (sklera). Mata merah biasanya disebabkan oleh virus tetapi juga dapat disebabkan oleh bakteri atau alergi.

8. Abrasi Kornea

Kornea adalah lapisan bening dan tipis yang terletak di bagian paling depan bola mata. Ketika tergores atau terluka, kemungkinan bola mata mengalami abrasi kornea. Tidak hanya menjadi penyebab pandangan mata kabur, abrasi kornea mungkin juga membuat seseorang merasa ada sesuatu di matanya atau seperti kelilipan.

9. Katarak

Katarak adalah masalah pada mata yang terjadi ketika lensa mata keruh atau berawan, yang menyebabkan penglihatan kabur. Ini bisa terjadi pada satu atau kedua mata. Katarak cenderung berkaitan dengan usia dan sering kali terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.

10. Iritis

Iris atau juga disebut selaput pelangi, adalah bagian berwarna dan berbentuk gelang di mata yang dibatasi pupil dan sklera (bagian putih mata). Iritis dapat terjadi ketika reaksi autoimun atau infeksi menyebabkan iris mengalami peradangan.

Kondisi ini dapat terjadi dengan sendirinya atau karena autoimun, seperti rheumatoid arthritis atau sarcoidosis. Iritis juga dapat disebabkan oleh infeksi seperti herpes. Tidak hanya menyakitkan, iritis juga menyebabkan pandangan mata buram atau berbayang, dan kepekaan terhadap cahaya (fotofobia).

Baca Juga:  9 Jenis Sakit Mata pada Anak dan Cara Mengatasinya yang Ampuh

11. Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah yang sangat tinggi atau disebut hiperglikemia, adalah kondisi yang menandakan terlalu banyak gula dalam darah. Ini terjadi karena tubuh kekurangan insulin, hormon yang membantu penyerapan glukosa ke sel-sel di tubuh.

Hiperglikemia dapat menjadi salah satu penyebab pandangan mata tiba-tiba kabur. Hal ini terjadi karena peningkatan gula darah menyebabkan lensa mata mengalami pembengkakan, yang kemudian mengakibatkan penglihatan kabur.

12. Neuritis Optik

Neuritis optik adalah masalah penglihatan yang terjadi akibat peradangan pada saraf optik.  Saraf Ini menghubungkan mata dan otak.

Masalah penglihatan ini biasanya disebabkan oleh reaksi autoimun atau multiple sclerosis awal. Penyebab lainnya adalah kondisi autoimun, seperti lupus atau infeksi. Biasanya ini hanya memengaruhi satu mata saja.

13. Hifema

Hyphema atau hifema adalah kondisi di mana darah merah gelap menggenang di bagian depan bola mata. Hifema disebabkan oleh pendarahan yang terjadi setelah mata terluka. Kondisi ini bisa menjadi menyakitkan jika adanya peningkatan tekanan di dalam mata.

Itulah penyebab pandangan mata menjadi kabur yang perlu Anda kenali. Ini dapat memudahkan Anda dalam membantu mencegah atau mengobati masalah pada mata.

 

  1. Barrell, Amanda. 2021. What causes blurry vision in one eye?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/blurry-vision-in-one-eye#stroke (Diakses pada 21 September 2021)
  2. Healthline Editorial Team. 2020. Sudden Blurred Vision: 17 Reasons You May Have It. https://www.healthline.com/health/eye-health/sudden-blurred-vision (Diakses pada 21 September 2021)
  3. Nall, Rachel. 2019. What’s Causing My Blurred Vision?. https://www.healthline.com/health/hazy-vision#symptoms (Diakses pada 21 September 2021)
  4. Swain, Ellie. 2021. Blurred Vision in One Eye. https://www.visioncenter.org/conditions/blurred-eye/ (Diakses pada 21 September 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi