Terbit: 8 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setelah menangis semalaman, kurang tidur, atau beberapa faktor lainnya dapat membuat mata Anda terlihat bengkak. Mata bengkak dan lingkaran hitam ini terkadang membuat Anda jadi terlihat lelah. Bagaimana cara mengatasinya?

Mengatasi Mata Bengkak dengan 5 Langkah Sederhana

Photo Credit: Flickr.com/Marianna Destarac

Nah, berikut ini 5 langkah sederhana untuk mengatasi mata bengkak Anda:

1. Kurangi konsumsi garam
Tahukah Anda, air akan bergerak ke bagian tubuh yang mengandung banyak sodium, termasuk di sekitar mata. Oleh karena itu, hindari makan malam yang terlalu banyak mengandung garam karena hal ini akan membuat mata Anda tampak bengkak di pagi hari.

2. Selalu bersihkan riasan wajah sebelum tidur
Sesibuk atau selelah apapun Anda setelah aktivitas seharian, jangan pernah tidur tanpa membersihkan make up. Make-up pada mata membuat mata Anda berair dan bisa memicu mata bengkak di pagi hari.

3. Kompres mata Anda
Ketika maka terlihat bengkak, kompres dingin bisa membantu meredakannya. Ada bisa menggunakan irisan timun, kantung mata, atau bahkan sendok yang sudah didinginkan. Suhu yang rendah akan membantu meredakan bengkak mata tersebut.

4. Kurangi konsumsi alkohol
Terlalu banyak minum minuman beralkohol akan menarik air dari kulit Anda. Ketika area sensitif di sekitar mata menjadi lemah karena kehilangan hidrasi, maka kemungkinkan menggantung menjadi kantung mata juga semakin besar.

5. Lindungi kulit dari sinar UV
Kulit wajah juga perlu dilindungi dari bahaya sinar UV (ultra violet). Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat membuat kulit menjadi keriput dan menggantung. Pastikan untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Bahkan jika Anda tidak pergi ke mana-mana, pastikan untuk tetap mengenakan tabir surya karena sinar UV dapat menembus kaca.

Nah, mari mulai lindungi kulit wajah dan sekitar mata Anda dari sekarang untuk menghindari tampilan mata yang membengkak.

Referensi: https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-banish-the-bags-under-your-eyes


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi