Terbit: 6 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Terkadang kita salah mengenali jika bayi sering menangis atau memasukkan tangan ke dalam mulut adalah tanda bahwa bayi lapar. Padahal hal tersebut bukanlah suatu tanda bahwa bayi lapar atau boleh diberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI).

Kenali Tanda Bayi Sudah Siap Menerima MP-ASI

Kesalahan dalam mengenali tanda yang ditunjukkan bayi ini dapat menyebabkan terjadinya pemberian MP-ASI dini (sebelum usia 6 bulan).

Kita tentu tahu bahwa MP-ASI dianjurkan untuk diberikan pada bayi usia 6 bulan ke atas. Namun ternyata memang ada beberapa tanda yang juga ditunjukkan bayi bahwa ia sudah siap menerima MP-ASI, tanda ini umumya terjadi akibat perkembangan organ tubuh yang mendukung menerima MP-ASI.

Menurut Pedoman Gizi Seimbang terkait pemberian MP-ASI yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, ada beberapa tanda yang ditunjukkan bayi yang siap menerima ASI yaitu:

  • Bayi dapat menegakkan kepalanya saat didudukkan
  • Kondisi ini menunjukkan bayi dapat menerima makanan dan fungsi tubuhnya sudah mendukung, misalnya untuk menelan.

  • Bayi tidak mengeluarkan makanan dengan lidahnya
  • Bayi akan menerima MP-ASInya dengan baik jika tubuh bayi telah mampu mendukung respon adanya makanan. Bayi akan otomatis mencerna makanan yang masuk dalam mulutnya. Jika kita terlalu cepat memberikan MP-ASI biasanya bayi akan menolak dengan mengeluarkan makanannya.

  • Bayi mulai meraih makanan dan memasukkan ke dalam mulut
  • Hal ini terjadi seiring dengan perkembangan tubuh bayi yang mulai muncul keinginan untuk meraih dan memasukkan makanan ke dalam mulut.

Ketiga hal tersebut adalah tanda bayi yang mulai siap untuk makan dan umumnya akan muncul pada saat bayi menjelang usia 6 bulan. Namun kita harus berhati-hati dalam memahami hal tersebut karena kadang ada beberapa tanda yang muncul lebih cepat dibandingkan dengan usia bayi yang dianjurkan untuk mengonsumsi MP-ASI.

Selama ASI yang diberikan ibu mencukupi kebutuhan gizi bayi, maka MP-ASI sebaiknya mulai diberikan pada bayi saat memasuki usia 6 bulan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi