Terbit: 12 July 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Daun ketapang adalah daun yang cukup populer di kalangan pecinta ikan cupang. Namun, tahukah Anda bahwa daun yang memiliki nama latin Terminalia catappa ini dipercaya membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan manusia. Apa saja manfaat kesehatan yang bisa didapatkan? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Jarang Disadari, Inilah 8 Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan

Kandungan Daun Ketapang 

Biasanya, daun dari pohon ini diambil khasiatnya untuk kesehatan karena berbagai kandungan di dalamnya. Berikut beberapa kandungan dari ketapang daun: 

  • Phytosterols.
  • Saponins.
  • Alkaloids.
  • Flavonoids (quercetin, kaempferol).
  • Tannins (tercatin, punicalin, punicalagin).

Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan

Daun ketapang sering digunakan oleh pecinta ikan cupang karena dipercaya memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga ikan tetap sehat. Tidak hanya untuk ikan, ternyata daun ini juga bagus untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada manusia. 

Berikut ini adalah berbagai manfaat potensial daun ketapang untuk manusia, di antaranya: 

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Khasiat daun ketapang untuk yang pertama adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi.

Cara mengonsumsinya cukup dengan meminum air rebusan daun ketapang. Rebuslah beberapa daun ketapang sampai mendidih, saring dan diamkan beberapa saat, kemudian minum dalam keadaan hangat.    

2. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat daun ketapang juga bisa membantu mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada sistem pencernaan.

Apabila Anda mengalami masalah pada sistem pencernaan seperti diare dan sembelit , mungkin Anda bisa mencoba mengonsumsi daun ketapang sebagai obat alami.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Belalai Gajah, Bagus untuk Diabates hingga Demam Berdarah

3. Meredakan nyeri saat haid

Jika mengalami masalah nyeri saat haid, Anda dapat menggunakan daun ketapang ini sebagai obat alami. Nyeri haid terjadi karena adanya kontraksi rahim terlalu kuat yang menghambat suplai oksigen ke beberapa otot di sekitarnya.   

Begitu nyeri haid datang, Anda bisa membuat minuman herbal dari dari daun ketapang. Caranya cukup dengan merebus beberapa daunnya hingga mendidih, kemudian meminum air rebusan tersebut sampai rasa sakitnya mereda.

4. Antibakteri

Menurut penelitian, aktivitas antibakteri dari ekstrak daun ketapang cukup kuat untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri.

5. Antioksidatif

Hasil penelitian di tahun 2015 menunjukkan bahwa ekstrak daun metanol dalam daun ketapang menunjukkan persentase penghambatan radikal bebas tertinggi sebesar 73,42%.

Penelitian ini mendukung bahwa daun ketapang dapat digunakan sebagai sumber alami untuk mengelola dan mengatasi kondisi kesehatan terkait stres oksidatif. 

Stres oksidatif adalah kondisi di mana terjadi ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan di dalam tubuh. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti penuaan kulit, penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kanker.

6. Antidiabetes

Sebuah studi menemukan bahwa daun ketapang ternyata memiliki potensi untuk menjadi suplemen kesehatan penderita diabetes melitus tipe 2 .

Dalam penelitian tersebut, pemberian ekstrak daun ketapang terbukti mampu meningkatkan berat badan mencit diabetik dan menurunkan gula darah puasa berkat kandungan flavonoid. Namun, temuan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya bagi manusia.

Baca Juga: Mengenal Daun Inggu dan Manfaatnya untuk Kesehatan

7. Mengatasi masalah kulit

Manfaat berikutnya adalah dipercaya membantu berbagai jenis masalah pada kulit, termasuk kurap, gatal-gatal, dan jamur kulit.

Cara menggunakan daun ini juga sangat sederhana, yaitu cukup meremas daunnya sampai hancur. Kemudian oleskanlah pada kulit yang bermasalah. Anda dapat mengoleskannya sampai masalah kulit hilang.

8. Mengatasi penyakit anemia sel sabit

Sebuah studi mengungkapkan bahwa ekstrak etanol dari daun ketapang memiliki potensi dalam pengelolaan gangguan sel sabit.

Penyakit sel sabit adalah kondisi di mana sel darah merah memiliki bentuk yang tidak normal dan dapat menyumbat pembuluh darah.

Nah, itulah beragam manfaat daun ketapang yang bisa Anda dapatkan . Apabila ingin menggunakan daun ini untuk pengobatan alami, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2020. The Hidden Benefits of Almond Leaves. https://aqualiferx.com/2020/02/21/the-hidden-benefits-of-almond-leaves/. (Diakses pada 12 Juli 2022)
  2. Anonim. 2022. Benefits of Ketapang Leaves For Powerful Skin Diseases No Hoax!. https://mediumsehat.my.id/en/7594/manfaat-daun-ketapang-untuk-penyakit-kulit-ampuh-no-hoax.html. (Diakses pada 12 Juli 2022)
  3. Anonim. 2008. Anti-sickling Potential of Terminalia catappa Leaf Extract. https://www.researchgate.net/publication/232053790_Anti-sickling_Potential_of_Terminalia_catappa_Leaf_Extract. (Diakses pada 12 Juli 2022)
  4. Anonim. 2022. What is Sickle Cell Disease?. https://www.cdc.gov/ncbddd/sicklecell/facts.html. (Diakses pada 12 Juli 2022)
  5. Huang, Ya-Han. 2018. Protective effects and mechanisms of Terminalia catappa L. methenolic extract on hydrogen-peroxide-induced oxidative stress in human skin fibroblasts. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6167875/. (Diakses pada 12 Juli 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi