Terbit: 25 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak tergoda melihat buah dengan daging buah yang berwarna kuning. Buah yang berwarna kuning misalnya saja nangka atau atau nanas memiliki cerah yang tentu membuat kita ingin segera mengonsumsinya. Ternyata tidak hanya warna daging buahnya yang menarik, buah yang berwarna kuning juga memiliki manfaat untuk tubuh kita.

Ini Manfaat Dibalik Cerahnya Buah Berwarna Kuning

Setiap warna yang ada pada buah, baik daging atau kulit buah, ternyata memiliki manfaat tersendiri. Hal ini bergantung pada pigmen warna yang ada pada buah tersebut. Pada masing-masing pigmen warna buah terdapat kandungan zat fitokimia. Zat fitokimia merupakan zat non gizi yang sebenarnya tidak dibutuhkan dalam kondisi tubuh yang normal, namun jika dikonsumsi memberikan manfaat untuk tubuh. Pada buah warna kuning terdapat kandungan zat karotenoid yang terdiri. Pada buah kuning zat kerotenoid terdiri dari betakaroten dan lutein.

Betakaroten merupakan zat yang kerat kaitannya dengan fungsinya sebagai provitamin A, kandungan ini juga terdapat pada buah yang warnanya hampir mirip dengan warna kuning yaitu buah berwarna jingga. Dengan adanya kandungan betakaroten pada buah maka penyerapan vitamin A oleh tubuh akan lebih baik.

Lutein yang terdapat pada buah berwarna kuning memiliki manfaat untuk kesehatan mata. Beberapa studi menunjukkan bahwa lutein tergolong dalam karotenoid yang berperan dalam penglihatan sentral dan ketajamn penglihatan. Selain itu beberapa studi membuktikan bahwa lutein mampu melindungi mata terhadap degenerasi makula yang berhubungan dengan usia dan katarak.

Selain zat fitokimia, buah yang berwarna kuning memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Kalium sendiri berfungsi untuk melancarkan aliran darah sehingga disebut mampu mencegah stroke dan penyakit jantung.

Berbagai manfaat yang terdapat pada buah berwarna kuning tersebut, selain dapat kita peroleh dari buah nangka dan nanas, juga dapat kita peroleh dari buah belimbing dan semangka kuning.

Buah kuning ternyata tidak hanya cerah dipandang oleh mata, namun juga memiliki manfaat yang membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi