Terbit: 3 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu tahu bahwa ada berbagai jenis diet yang kini kian berkembang. Diet tersebut memiliki berbagai prinsip diet dan tujuan diet yang berbeda-beda. Namun tujuan utamanya tentu hanya satu yaitu meningkatkan kualitas kesehatan kita. Dari berbagai jenis diet tersebut, kira-kira apakah ada jenis diet yang paling baik untuk kesehatan?

Ini Dia Poin Penting dalam Diet Sehat

Berdasarkan studi yang dikeluarkan oleh Yale University School of Public Health di Inggris diperoleh suatu poin penting dari berbagai jenis diet yang terbukti sehat. Poin penting ini diperoleh dari membandingkan lebih dari lima jenis diet yang terbukti telah memberikan manfaat positif untuk kesehatan tubuh.

Jenis diet yang terbukti memberikan manfaat baik untuk tubuh kita adalah diet rendah karbohidrat, diet rendah lemak, diet vegetarian, diet mediterania, diet mix atau diet kombinasi dan diet paleolitik. Dari enam jenis diet tersebut, prinsip pada masing-masing diet ternyata memiliki kesamaan yang dapat kita ambil sebagai suatu poin penting dalam melakukan diet sehat.

Seluruh diet sehat yang disebutkan diatas selalu memiliki prinsip yaitu:

  1. Mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman (food-plant based) dalam jumlah yang banyak.
  2. Mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh.

Kedua poin diatas adalah prinsip yang diterapkan untuk mendukung kondisi kesehatan tubuh selama menjalani berbagai jenis diet. Dengan menerapkan prinsip diatas, kita akan mengonsumsi banyak sayur dan buah, sehinga asupan vitamin dan mineral dari sayur dan buah akan mendukung fungsi organ serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, jika kita mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita, maka pemenuhan kebutuhan zat gizi juga akan tercukupi dan tidak berlebihan. Hal ini tentu saja mendukung kondisi kesehatan tubuh karena asupan zat gizi tubuh kita seimbang.

Kedua poin diatas merupakan kunci dari diet sehat, jadi jika kita ingin menerapkan diet yang benar-benar sehat selalu gunakan prinsip dari dua poin tersebut ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi