Terbit: 2 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sedang ingin menurunkan berat badan? Mungkin bisa dicoba melakukan diet vegetarian atau biasa disebut diet vegan. Konon, cara diet ini dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Diet Vegetarian Bikin Langsing dan Mencegah Kanker

Lalu, apakah diet vegan itu? Diet vegan adalah diet dengan cara menghindari asupan bahan makanan yang bersumber dari hewani. Misalnya, daging, unggas, ikan dan telur serta berbagai produk olahannya.

Bahan makanan yang berasal dari hewani cenderung mengandung lemak yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan makanan dari tumbuhan.

Maka asupan lemak pada penerapan diet vegan adalah yang diperoleh dari bahan makanan yang berasal dari tumbuhan. Misalnya, minyak wijen atau minyak dari bahan makanan nabati. Maka terlihat bahwa asupan jumlah lemak pada penerapan diet vegan lebih sedikit.

Diet vegan merupakan salah satu jenis diet yang disebutkan memiliki manfaat untuk tubuh. Demikian hasil penelitian oleh tim dari Yale University School of Public Health di Inggris.

Melakukan diet vegetarian dengan cara yang tepat, terbukti menghasilkan efek yang positif untuk mendukung kesehatan tubuh. Salah satu manfaat diet vegan adalah mengurangi inflamasi sehingga mampu menghindarkan risiko penyakit kardiovaskular.

Pada diet vegetarian, asupan atau konsumsi lemak lebih sedikit sehingga kadar lemak darah lebih terkontrol.

Diet vegetarian mengonsumsi buah dan sayur yang notabene tinggi serat sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyakit kanker dan  sensitivitas insulin tubuh.

Penerapan diet vegan secara tepat, terbukti memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi perlu diingat bahwa penerapan diet ini harus memperhitungkan asupan setiap jenis zat gizi dengan tepat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi