Terbit: 9 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda suka makan buah melon? Buah melon merupakan salah satu jenis buah yang mudah kita peroleh, baik di pasar tradisional, swalayan atau penjual buah di pinggir jalan. Namun, belakangan ini buah melon menjadi sorotan karena tercemar bakteri lisera yang berbahaya. Padahal buah melon adalah jenis buah yang kaya akan zat gizi.

Ini 4 Kandungan Gizi yang Banyak pada Buah Melon

Hal ini tentu membuat kita khawatir. Akan tetapi untuk menangani kekhawatiran tersebut, Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) menyebutkan bahwa untuk menghindari terpaparnya bakteri tersebut, konsumsi buah lokal lebih dianjurkan. Sehingga kita bisa tetap makan buah melon dengan aman jika memilih buah melon lokal.

Dengan mengonsumsi buah melon kita juga akan mendapatkan berbagai jenis vitamin dan mineral. Dibandingkan dengan tanaman yang familinya sama,misalnya semangka, melon memiliki beberapa kandungan gizi yang unggul. Menurut United States Department of Agriculture kandungan gizi yang banyak terdapat pada melon adalah:

  • Vitamin A
  • Pada 100 gram buah melon, setara dengan 4 potong sedang buah melon, kita dapat memperoleh 3300 IU vitamin A. Angka ini 3x lebih tinggi dibandingkan dengan buah semangka pada berat yang sama. Seperti yang kita ketahui, vitamin A penting untuk fungsi mata.

  • Vitamin C
  • Vitamin C yang ada pada buah melon adalah 35 mg per 100 gram. Angka tersebut lebih tinggi 4,5x dibandingkan dengan buah semangka dengan berat yang sama. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

  • Kalium
  • Kalium dalam tubuh berguna untuk mengatur fungsi otot dan tekanan darah. Kandungan kalium pada 4 potong sedang buah melon adalah 267 mg angka ini 2x lebih tinggi dibandinngkan dengan buah semangka.

  • Serat
  • Meskipun tidak setinggi kandungan buah yang kaya serat seperti apel, kandungan serat pada 100 gram buah apel adalah sebesar 0,9 gram yang lebih tinggi 0,5 gram dibandingkan dengan semangka. Seperti yang sering kita dengar bahwa serat sangat penting untuk tubuh kita utamanya melancarkan pencernaan.

Ada berbagai jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah melon. Kandungan beragam jenis zat gizi tersebut tentu akan kita peroleh jika buah melon yang kita konsumsi aman, untuk itu, pilih buah melon lokal ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi