Terbit: 6 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan vagina. Selain dengan memperhatikan kebersihannya, Anda juga bisa menjaganya lewat makanan yang Anda konsumsi. Berikut ini beberapa daftar makanan yang baik untuk kesehatan vagina yang bisa Anda konsumsi sehari-hari:

Ingin Vagina Sehat? Perbanyak Makan Makanan Ini

Yogurt tawar
Dilansir dari Health, Dr. Alyssa Dweck, seorang obgyn di New York menyebutkan bahwa makanan atau minuman probiotik baik untuk menjaga pH vagina berada dalam kisaran asam. Hal ini dapat menurunkan risiko ragi dan infeksi lainnya. Yogurt merupakan minuman dengan bakteri hidup Lactobacillus acidophilus yang baik bagi tubuh. Selain yogurt, makanan yang mengandung probiotik seperti kimchi, asinan kubis, dan kefir juga baik untuk menjaga keseimbangan pH.

Jus cranberry
Dr. Dweck menambahkan, ada bahan tertentu dalam cranberry yang baik bagi vagina. Zat tersebut dapat membuat lapisan licin pada kandung kemih sehingga resisten terhadap bakteri E.coli, bakteri yang sering terkait dengan infeksi saluran kemih yang paling umum.

Teh jahe
Sebuah studi dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menyebutkan bahwa jahe memiliki khasiat yang sama dengan ibuprofen untuk menghilangkan kram saat PMS. Untuk membuat ramuan jahe sendiri, Anda bisa menambahkan dua sendok makan akar jahe segar ke air dan biarkan hingga 15 menit.

Edamame
Kandungan fitoestrogen yang terdapat dalam edamame dapat membantu melubrikasi atau melumasi vagina untuk mencegah kekeringan dan gatal. Karena itu wanita yang memasuki masa menopause disarankan banyak mengonsumsi edamame. Selain itu, edamame juga mengandung isoflavon yang baik untuk kepadatan tulang dan memberi perlindungan terhadap osteoporosis.

Ikan
Jika Anda kerap merasakan nyeri saat menstruasi, sebaiknya Anda mengonsumsi lebih banyak ikan. Nyeri saat menstruasi diakibatkan oleh pelepasan senyawa prostaglandin yang membantu kontraksi otot rahim. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan dapat mengurangi respon inflamasi sehingga dapat meredakan nyeri menstruasi.

Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan makanan yang dikenal memiliki khasiat antibaketri, antijamur dan antioksidan. Sebuah studi menyebutkan bahwa bawang putih dapat melawan jamur candida dan mengurangi keputihan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi