Terbit: 9 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menurunkan berat badan secara cepat menjadi impian banyak orang. Utamanya pada orang yang sedang dalam kondisi gemuk. Keinginan untuk mencapai berat badan ideal dengan cepat sering membuat kita menjadi terburu-buru dalam melakukan diet. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan mengurangi jumlah atau porsi makan dalam jumlah besar. Kira-kira apakah cara tersebut tepat dilakukan?

Ingin Diet? Bolehkah Langsung Mengurangi Makan?

Dalam menurunkan berat badan, prinsip yang perlu diperhatikan adalah kalori yang keluar dari tubuh harus lebih banyak dari kalori yang masuk. Kalori adalah bentuk energi yang digunakan untuk menjalankan fungsi tubuh. Kalori tubuh diperoleh dari asupan makanan dan dikeluarkan untuk menjalankan aktifitas tubuh baik organ dan aktifitas fisik kita setiap harinya.

Dengan mengurangi porsi makan dalam jumlah besar secara langsung, tubuh akan kesulitan beradaptasi utamanya pada kondisi kegemukan (obesitas). Apabila, diet dengan pengurangan makan dalam jumlah besar tersebut berhasil. Umumnya terjadi kesulitan dalam mempertahankan berat badan yang telah turun tersebut. Hal ini dikarenakan tubuh memiliki suatu sistem adaptasi (efisiensi metabolik) dimana tubuh mengatur agar tidak kehilangan berat badan lebih banyak lagi.

Hal tersebut disebabkan tubuh telah terbiasa dengan jumlah porsi makan seperti yang dikonsumsi biasanya. Asupan tersebut dianggap mampu mencukupi energi untuk kebutuhan dasar tubuh. Pengurangan makan dalam jumlah besar secara langsung akan meningkatkan resiko berat badan kembali naik karena tubuh kesulitan mempertahankan berat badan yang telah turun tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh bagian gizi Universitas Padjajaran menunjukkan penurunan berat badan akan diiringi dengan penurunan kebutuhan energi dasar tubuh (Resting Energy Metabolism/ REE). Hal ini sebaiknya diperoleh secara bertahap sehingga tubuh dapat beradaptasi dengan baik. Diet dapat dilakukan dengan mengurangi 100 kkal asupan makanan dari kebutuhan tubuh yang sesuai dengan berat badan saat ini. Pengurangan kalori dari makanan dengan cara seperti ini dapat ditingkatkan secara dalam jangka waktu 2-4 minggu.

Dengan mengurangi jumlah makan secara bertahap dan dalam jangka waktu yang tepat. Tubuh akan beradaptasi lebih baik dengan asupan makan yang perlahan berkurang dan penurunan berat badan dapat dipertahankan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi