Terbit: 10 March 2018 | Diperbarui: 31 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Di Indonesia, penyakit HIV masih dianggap sesuatu yang tabu. Bahkan, informasi terkait dengan penyakit ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat sehingga mereka kerap ketakutan tanpa sebab.

5 Hal yang Harus Dilakukan Kalau Anggota Keluarga Terkena HIV

HIV yang menyebabkan AIDS memang berbahaya dan mematikan. Namun, penularannya tidak akan terjadi dengan hanya menyentuh tangan atau memeluknya. Oleh karena itu, kita tidak perlu menjauhi ODHA terlebih kalau mereka masih anggota keluarga.

Coba lakukan lima hal ini kalau ada anggota keluarga atau teman dekat terinfeksi HIV.

Buat mereka optimis

Seseorang yang hanya memiliki HIV dan belum berubah jadi AIDS masih memiliki kesempatan hidup hingga puluhan tahun. Penyakit ini tidak ubahnya dengan diabetes atau gangguan kronis lainnya.

Jadi, buat mereka tetap optimis. Beri semangat untuk mau berobat dan menerapkan gaya hidup sehat alih-alih pasrah dengan kehidupannya.

Selalu dengarkan mereka

Orang dengan HIV biasanya lebih sensitif dengan apa yang mereka lihat atau dengar dari luar. Untuk itu, coba arahkan mereka ke hal-hal positif. Dengarkan setiap curahan hati mereka dan sebisa mungkin untuk tidak berusaha menjatuhkannya.

Jangan pernah menyalahkan

Jangan pernah menyalahkan apa yang terjadi pada mereka yang menjadi ODHA. Entah di masa lalu mereka melakukan hubungan seks tidak aman atau kerap melakukan tato pada tubuhnya, lupakan hal itu. Lebih baik memikirkan hal yang lebih baik.

Pelajari banyak hak terkait HIV

Untuk bisa berbuat banyak pada anggota keluarga yang terkena HIV, selalu pelajari banyak hal terkait HIV. Jangan terlalu percaya dengan perkataan orang yang belum tentu benar. Lebih baik mencari sendiri dan mengetahui fakta yang sesungguhnya.

Selalu dampingi mereka

Ada kalanya orang yang memiliki HIV selalu mendapatkan diskriminasi dari orang lain atau keluarganya sendiri. Kalau ada anggota keluarga yang demikian, coba sampingi dan selalu dukung mereka untuk bertahan hidup.

Semoga info di atas bermanfaat agar kita bisa bersikap bijak kepada mereka yang terkena HIV.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi