Terbit: 8 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah anda sering mengonsumsi suplemen? Kita bisa dengan mudah memperoleh berbagai jenis suplemen di toko obat dan biasanya kita mengonsumsi suplemen menurut kebutuhan kita saja. Tapi ternyata asal dalam mengonsumsi suplemen dapat beresiko untuk kesehatan tubuh kita.

Hati-hati, Ini Risiko Jika Asal Konsumsi Suplemen

Dalam mengonsumsi suplemen yang kita harapkan tentu saja untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita. Untuk itu kita sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga kesehatan ahli dalam menentukan apa jenis dan berapa jumlah suplemen yang memang cocok untuk tubuh kita.

Mengonsumsi suplemen dengan tidak tepat malah akan menimbulkan beberapa risiko, menurut British Dietitian Association, risikonya adalah:

  • Vitamin berlebihan
  • Konsumsi vitamin dengan dosis yang tidak tepat, bisa jadi membuat asupannyamenjadi berlebihan dalam tubuh. Beberapa jenis vitamin yang larut air akan dibuang melalui urin oleh tubuh jika asupannya berlebihan. Vitamin larut lemak, seperti vitamin A,D,E,K dapat menyimpan kelebihan zat gizi, namun jika simpannya berlebihan juga dapat mengganggu kondisi tubuh.

  • Interaksi kandungan zat gizi
  • Beberapa jenis suplemen memiliki banyak jenis zat gizi, baik vitamin atau mineral. Jika kita asal dalam mengonumsinya maka bisa meningkatkan resiko interaksi dengan makanan dan atau obat yang sedang kita konsumsi. Hal ini dapat berbahaya jika interaksi yang diberikan malah memperburuk kondisi kesehatan kita.

  • Memengaruhi kondisi kesehatan tubuh
  • Beberapa jenis suplemen tidak boleh dikonsumsi berlebihan pada kondisi penyakit tertentu. Hal ini dapat meningkatkan keparahan penyakit. Misalnya, vitamin E berlebihan harus dihindari oleh penderita penyakit jantung karena beresiko menyebabkan serangan jantung.

Risiko yang terjadi jika kita asal dalam mengonsumsi suplemen cukup besar, maka dari itu sebelum mengonusmsi suplemen kita sebaiknya berkonsultasi pada tenaga kesehatan ahli. Hal tersebut sangat penting untuk menentukan apa jenis suplemen yang tepat, berapa dosis yang pas dan ada atau tidaknya interaksi pada tubuh kita.

Dengan mengonsumsi suplemen tentu kita berharap agar kondisi kesehatan tubuh kita akan semakin meningkat, namun konsumsi yang tidak tepat malah membuat kesehatan kita terganggu. Maka dari itu jangan asal dalam mengonsumsi suplemen ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi