Terbit: 1 Juni 2018 | Diperbarui: 31 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari susu sedunia oleh World Health Organization. Ya, susu memang merupakan salah satu sumber protein hewani padat gizi yang dinilai mudah dikonsumsi karena konsistensinya yang cair, namun sayangnya banyak data menyebutkan bahwa konsumsi susu di Indonesia termasuk rendah.

Hari Susu Sedunia: Tak Suka Susu? Ini 7 Cara Konsumsi Susu tanpa Harus Diminum

Hal ini bukan tidak mungkin disebabkan oleh sebagian besar orang yang tidak, atau belum, terbiasa mengonsumsi susu.

Beberapa penyebab, seperti alergi, tidak menyukai baunya, sulit memperolehnya atau penyebab lainnya, bisa jadi pencetus orang tidak mau minum susu. Padahal kita masih bisa merasakan manfaat susu tanpa harus meminumnya, lho.

Ya, manfaat dari susu bisa tetap kita rasakan dengan mengonsumsi berbagai produk olahan susu.

Kita juga bisa menyiasati dengan mencampurkan susu pada makanan lain sehingga tampilannya berbeda. Inilah bahan makanan pengganti konsumsi susu yang sama bergizinya dengan susu:

1. Keju

Keju tentu terkenal sebagai salah satu produk olahan susu, ya. Keju memang bisa menjadi sumber makanan pengganti susu yang kandungan gizinya sama karena bahan baku dasarnya adalah susu.

Doktersehat - Keju

Photo Credit: Flickr.com/mark parham

Namun perlu diperhatikan agar kandungan gizi dalam keju bisa optimal untuk tubuh, utamakan memilih keju yang rendah lemak, ya.

2. Es krim susu

Siapa sih yang tidak es krim? Jika Anda tidak suka minum susu cair, maka es krim dari bahan susu tentu bisa jadi pengganti susu yang super nikmat ya.

doktersehat-eskrim

pic credit: alexis

Pilih es krim yang bahan bakunya lebih dari 70% susu segar, agar gizi dari susu yang dibuat untuk es krim semakin baik diserap tubuh, pilihlah es krim yang rendah gula dan lemak.

3. Puding susu

Menikmati puding yang dingin tentu sangat menyegarkan apalagi jika cuaca sedang panas-panasnya.

Jika Anda biasanya menyajikan puding dari buah, maka membuat puding dari susu tentu tak ada salahnya bukan? Puding dari susu putih atau susu cokelat dipadu dengan isian biskuit atau buah jeruk dan stroberi tentu menjadi pilihan puding yang nikmat dan menyehatkan.

Jangan lupa tetap kontrol penggunaan pemanis pada susu agar tidak berlebihan, ya.

4. Susu kental manis sebagai topping atau saus camilan

Selain susu cair atau susu bubuk, Anda bisa mendapatkan manfaat susu dari susu kental manis. Gunakan susu kental manis sebagai topping, cocolan atau saus untuk roti, biskuit maupun puding.

doktersehat-susu-kental-manis-sehat

Photo Credit: Flickr.com/Karen Neoh

Perlu diketahui, susu kental manis memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga akan lebih baik Anda memilih susu kental manis rendah gula dan lemak, serta batasi konsumsinya paling banyak 5-6 sendok makan dalam sehari.

5. Whipped cream atau krim kocok

Bosan dengan produk olahan susu yang itu-itu saja? Maka kini cobalah membuat krim kocok untuk topping roti atau cake dengan bahan dasar susu dalam proporsi yang cukup banyak.

doktersehat-krim-cake

Photo Credit: Flickr.com/Jonathan McIntosh

Jika Anda membuat krim kocok dari bahan dengan penggunaan gula dan lemak yang rendah maka konsumsi krim kocok pada cake Anda tentu bisa jadi pengganti susu, bukan?

6. Yoghurt

Mirip dengan keju, yoghurt merupakan salah satu produk olahan berbahan dasar susu yang kini cukup banyak variasinya. Konsumsi yoghurt cenderung mengarah pada manfaatnya untuk kesehatan pencernaan, karena proses fermentasi yoghurt yang berbeda dengan keju.

Sama seperti keju, usahakan memilih yoghurt rendah lemak agar Anda bisa merakan manfaat super sehat dari konsumsinya.

7. Es kepal susu

Nah, es yang viral beberapa waktu lalu ini juga bisa jadi pengganti susu tanpa harus minum susu ya.

Photo Credit: instagram.com/kulineran_yk

Pastikan Anda memilih atau membuat es kepal susu dengan cara yang sehat, yaitu membatasi penggunaan susu, pemanis, dan memilih topping sehat dari kacang atau buah-buahan.

Hal ini tentu membuat asupan protein hewani dari es kepal juga beriringan dengan protein nabati serta vitamin dan mineral dari buah.

Nah, kini Anda bisa memiliki banyak cara mengonsumsi susu tanpa harus meminumnya, ‘kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi